Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Ikon New Man, biasakan yang tidak biasa, yang diciptakan oleh Pemerintah Kota/Pemkot Surabaya atau Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, terus beraksi. Setelah sebelumnya keliling di Kebun Binatang Surabaya, dan Tunjungan Plaza, kini ikon unik yang terkenal dengan kepala plontos dan perut buncit itu, keliling ke Pasar Kapasan dan dilanjutkan ke Pasar Pabean.

Tiba di Pasar Kapasan, ikon yang diperankan Camat Sawahan, M Yunus, itu langsung menyita perhatian pengunjung dan pedagang Pasar Kapasan. Bahkan, mereka langsung mengabadikan momen datangnya sosok new man yang memakai pakaian hijau dengan kaos tangan dan sepatu orange serta memakai masker itu.

Dengan memakai pengeras suara, ia langsung mensosialisasikan protokol kesehatan dengan menggunakan Bahasa Madura. Karena di pasar tersebut mayoritas pedagang dan pembeli berasal dari Madura. Sambil keliling ke dalam pasar dengan pakaian itu, ia tak henti-henti mengimbau supaya warga tetap patuh menerapkan protokol kesehatan.

Selain mensosialisasikan protokol kesehatan, ia juga tak lupa membagi-bagikan masker kepada para pedagang dan pengunjung pasar yang tidak memakai masker atau pakai masker scuba. Sejumlah pedagang dan pengunjung itu pun terlihat girang, ketika mendapatkan masker dari New Man atau personil Linmas yang mengikuti dibelakangnya.

Setelah puas keliling di Pasar Kapasan, New Man pun bergeser ke Pasar Pabean yang merupakan pasar ikan. Tiba di pasar tersebut, ia pun langsung sosialisasi protokol kesehatan. Lagi-lagi, dia menggunakan Bahasa Madura karena di pasar tersebut banyak orang Madura. Ia pun tak sungkan-sungkan masuk ke dalam pasar untuk mensosialisasikan protokol kesehatan itu. (stady/stv)