Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Kejaksaan Negeri Surabaya berhasil menyelamatkan dan mengembalikan keuangan negara senilai Rp 386 miliar dari beberapa kasus sepanjang 2020. Hal Ini diungkap Kejari Surabaya dalam analisa dan evaluasi kinerja 2020.

Upaya penyelamatan dan pengembalian keuangan negara dari kejaksaan negeri Surabaya senilai Rp 386 miliar lebih/ diperoleh dari perkara-perkara yang ditangani Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara, Seksi Pidana Umum dan Seksi Pidana Khusus di sepanjang 2020.

Kepala Kejari Surabaya, Anton Delianto, mengatakan selama tahun 2020 ini pihaknya telah melakukan pemulihan keuangan negara senilai Rp 344 miliar lebih. Dari bidang Perdata dan Tata Usaha Negara/ Kejari Surabaya telah menyelematkan keuangan negara senilai Rp 312 miliar lebih.

Sedangkan perkara pidana umum, diperoleh pengembalian uang negara senilai Rp 510 miliar rupiah lebih pengembalian uang negara dari perkara-perkara yang ditangani bidang Pidana umum ini diantaranya, berasal dari uang rampasan negara, serta setoran denda tilang maupun non tilang.

Salah satunya denda dari yustisi protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.
Selain itu, dari perkara tindak pidana korupsi yang ditangani bidang Pidana Khusus diperoleh pengembalian keuangan negara senilai Rp 62 miliar. Sebagian besar yang dikembalikan berupa aset negara. (agung/stv)