Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Dewan Pakar Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur/Jatim mendukung KH Mutawakil Alallah untuk menjadi Ketua Umum dalam Musyawarah MUI Jatim ke – X Tahun 2020, yang digelar selama dua hari, (22-23/12) di Surabaya.

“Saya mendukung  KH Mutawakil Alallah sebagai Ketua MUI Jawa Timur menggantikan KH. Abdussomaf Bukhori. Nama KH. Mutawakkil Alallah sejak awal diusulkan oleh Rais Syuriyah PWNU Jatim dan beberapa  ulama lainnya,” kata anggota Dewan Pakar MUI Jatim, Dr Ahmad Muhibbin Zuhri, di Surabaya Rabu (23/12).

Menurut dia, dukungan NU kepada kepemimpinan MUI sangat penting untuk eksistensi dan peran MUI. Karena itu, ia berharap, semua peserta mempertimbangkan usulan tersebut. KH Mutawakkil merupakan pengasuh pesantren besar, yakni Zainul Hasan Genggong, juga mantan Ketua PWNU Jatim.

“Saya mengenal beliau sudah lama. Saya menilai beliau memiliki kepemimpinan yang kuat di satu sisi, juga sikap adaptif dan akomodatif dalam memimpin. Jadi beliau sudah pas untuk memimpin MUI,” tambahnya.

Sebelumnya, Rais Syuriah PWNU Jatim, KH Anwar Manshur, mengatakan, pihaknya telah resmi mengajukan KH Mutawakkil Alallah sebagai bakal calon Ketua Umum MUI Jatim periode 2020-2025.

“Saya yang minta khusus Kiai Mutawakkil agar berkenan jadi Ketua Umum MUI Jatim,” kata Kiai Anwar Manshur. Hal senada diungkapkan KH Agoes Ali Masyhuri. Dia mengaku Keluarga Besar NU di Jatim sepakat mengusulkan nama KH Mutawakkil Alallah, untuk menjadi Ketua Umum MUI Jatim.

“Ketua MUI Jatim sekarang ini sudah 3 periode, wis wayahe (sudah waktunya) regenerasi, sosok paling lengkap untuk menggantikan tak ada yang lain, kecuali Kiai Mutawakkil,” tegas Pengasuh Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo tersebut.

Dalam sistem pemilihan Ketua Umum ini dewan pakar salah satu komponen yang mempunyai hak suara. (herlambang)