Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Vaksin Covid-19 akan diberikan kepada masyarakat secara gratis. Hal ini disampaikan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Bagi pemerintah Kota Surabaya, hal ini merupakan kabar menggembirakan. Sebab, pemerintah kota/Pemkot tidak perlu mengeluarkan anggaran.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mengatakan, tak perlu mengambil anggaran CSR non APBD. Sebab, anggaran yang sudah disimpan bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Risma, tidak tahu pandemi Covid-19 ini kapan berakhirnya.

Sebelumnya, Risma, telah menyiapkan anggaran sebanyak Rp 7,5 miliar untuk vaksin covid-19. Dananya diambil dari CSR yayasan kas pembangunan sebesar Rp 2,5 miliar dan PDAM sebesar Rp 5 milliar. “Meski nantinya vaksin disuntikkan, masyarakat tetap diminta untuk menerapkan 3M, karena bukan berarti saat ada vaksin, protokol kesehatan 3M diabaikan,” Kata Risma di Surabaya Jum’at (18/12).

Ia menyatakan, ada pengaturan dari pemerintah pusat untuk pembagian vaksin dari China ini seperti, tenaga medis yang mendapat prioritas utama pemberian vaksin. (bw)