Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Adanya dampak dari puluhan Pekerja Migran Indonesia/PMI di Taiwan yang terinfeksi Covid-19 beberapa waktu lalu, mengakibatkan seluruh calon tenaga kerja Indonesia/TKI yang hendak berangkat ke Taiwan dibatalkan. Hal ini, karena di negara tersebut untuk sementara waktu menghentikan penerimaan pekerja migran asal Indonesia.

Hal itu dikemukakan Kadis Nakertrans Jatim, Himawan Estu Bagyo, usai menerima kunjungan rombongan Badan Perlindungan Pekerja Indonesia Kementerian Tenaga Kerja RI, di Surabaya Rabu (9/12). Ia mengatakan, pihaknya menerima informasi jika Taiwan, ada pekerja migran asal Indonesia banyak yang terinfeksi Covid-19.

Sehingga, negara tersebut hingga kini untuk sementara waktu menutup penerimaan pekerja migran baru dari Indonesia. Sampai saat ini, puluhan pekerja migran yang terkena Covid-19, masih dalam tahap pemulihan. Apalagi, di negara tersebut perlakuan standar kesehatannya sama, antara warga negaranya maupun bagi PMI.

Namun, kata dia, dari semua dampak tersebut, mengakibatkan seluruh calon pekerja migran asal Jatim yang hendak berangkat kerja ke Taiwan dibatalkan. Alasannya, karena di negara tersebut untuk sementara waktu menghentikan penerimaan pekerja migran asal Indonesia. ‘’Tak terkecuali dari Jatim. Sehingga, menjadi persoalan baru,’’ ujar Himawan. (bw)