Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Cabup Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan Wakilnya, Sugirah melakukan deklarasi kemenangan pasca-keluargnya hitung cepat oleh survei LSI Denny JA, Rabu (9/12) malam. Pasangan calon nomor dua ini memastikan akan menggandeng pasangan nomor satu, Yusuf Widiatmoko – Gus Riza untuk berkolaborasi membangun Banyuwangi.

Deklarasi kemenangan diikuti seluruh pimpinan parpol pengusung Ipuk – Sugirah. Mulai PDIP, NasDem, Hanura, PPP dan Gerindra. Ipuk menegaskan kemenangan versi hitung cepat adalah kemenangan masyarakat Banyuwangi, bukan hanya satu pasangan calon.

“Ini kemenangan rakyat Banyuwangi. Dalam waktu dekat, kami akan sowan ke Pak Yusuf (paslon 1) untuk silaturahmi. Saya adalah yunior yang harus meminta petunjuk ke senior,” kata Ipuk disambut tepuk tangan pendukungnya.

Terkait kemenangan versi hitung cepat, pihaknya mengajak para pendukungnya tak eforia berlebihan. Justru, menggandeng semua kelompok untuk membuat Banyuwangi damai. Dan, mengawal penghitungan suara hingga proses penghitungan riil di KPUD Banyuwangi. Senada diungkapkan Cawabup Sugirah. Pihaknya mengajak seluruh komponen masyarakat Banyuwangi untuk bergandengan tangan membangun daerah.

Sementara itu, tim pemenangan paslon 01, dr. Taufik Hidayat mengatakan pihaknya menghormati deklrasi yang dilakukan paslon 02. Namun, pihaknya tetap menunggu hasil hitung riil Pilkada yang dilakukan KPUD.

“Silahkan saja membuat deklarasi kemenangan. Kami tetap menunggu hitung riil dari KPUD. Karena, itu yang valid dan sah,” jelasnya via telepon. Terkait hasil hitung cepat, pihaknya enggan berkomentar banyak. Namun, pihaknya menunggu hasil pasti dari KPUD. ‘’Pihaknya juga sedang menginvantarisir dan mengkaji temuan dugaan pelanggaran dari proses pemungutan suara Pilkada.

 “Tim hukum kami sedang menginvintarisir dan mengkaji,” pungkasnya. Hasil hitung cepat LSI Denny JA, pasangan Ipuk – Sugirah yang diusung PDIP, NasDem, PPP, Hanura dan Gerindra unggul 53,03 persen suara. Sedangkan rivalnya, pasangan Yusuf Widiatmoko – Gus Riza meraup 47,05 persen suara. Terpaut sekitar 6,04 persen suara. Dari jumlah ini, pasangan Ipuk – Sugirah memenangi 4 dapil, dari 5 dapil di Kabupaten Banyuwangi. (wir)