Banyuwangi (bisnissbanyuwangi.com) – Pasangan Cabup/Cawabup Banyuwangi Ipuk Fiestiandani – Sugirah, memenangi Pilkada Banyuwangi versi quick count Lembaga Survei Indonesia (LSI), Rabu (9/12) sore. Pasangan calon (paslon) nomor dua ini unggul dengan 53,02 persen. Sedangkan rivalnya, pasangan Yusuf Widiatmoko – Gus Riza meraup 46,98 persen. Selisihnya cukup tinggi, 6,04 persen.

Data ini hasil survei LSI Denny JA dengan 291 TPS dari total 3746 TPS. Metode yang digunakan multi stage proposive random sampling atau sampel acak dan proporsional. Hasil survei ini berdasarkan partisipasi pemilih sekitar 63,9 persen.

“Kami mengucapkan selamat bagi Bupati yang baru di Banyuwangi, pasangan Ipuk Fiestiandani – Sugirah yang memenangi pilkada Banyuwangi,” kata peneliti LSI Denny JA, Imam Fauzi Surahmat dalam rilis resmi, Rabu sore. Pihaknya memberikan garansi dari hasil survei ini. Sebab, proses survei dilakukan dengan professional.

Pihaknya melakukan survei awal sebanyak 3 kali sebelum menggelar survei di masa pemungutan suara. Kami melibatkan tenaga relawan di setiap TPS secara proposional dengan teknologi android. Sehingga, data yang masuk benar-benar valid, jelas Area Koordinator JAwa-Bali LSI Denny JA tersebut. Hingga pukul 16.00 WIB, jumlah suara yang masuk sudah mencapai 100 persen. Sehingga, hasil survei diklaim tidak akan jauh beda dengan penghitungan riil dari penyelenggara pilkada. Meski begitu, pihaknya meminta masyarakat tetap menunggu penghitungan resmi dari KPUD.

Dari data survei, pasangan Ipuk – Sugirah hanya kalah di satu dapil dari lima dapil di Banyuwangi. Yaitu, Dapil 1 (Banyuwangi, Kalipuro, Glagah dan Licin) dengan perolehan 56,17 43,83, Dapil 2 (Blimbingsari, Kabat, Rogojampi, Singojuruh, Songgon) perolehan 48,56 51,44 persen, Dapil 3 (Cluring, Muncar, Srono, Tegaldlimo) dengan 44,67 55,33 persen dan Dapil 4 (Bangorejo, Gambiran, Pesanggaran, Purwoharjo, Siliragung) dengan perolehan 40,98 59,02 persen dan Dapil 5 (Genteng, Sempu, Glenmore, Kalibaru) dengan perolehan 45,40 54,50 persen.

Hasil akhir, paslon nomor 2 unggul 53,02 persen, pungkas Imam. Pilkada Banyuwangi diikuti dua paslon. Masing-masing, paslon 1 Yusuf Widiatmoko Gus Riza didukung Demokrat, Golkar, PKB dan PKS, sedengkan paslon 2 Ipuk Fiestiandani Sugirah didukung PDIP, NasDem, Hanura, PPP dan Gerindra. (wir)