Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Empat hari menjelang tahap akhir Pilkada serentak, progres persiapan sudah final. Dimana kesiapan logistik, seperti tinta, bilik suara, peralatan protokol kesehatan hingga petugas TPS dalam status siap.

Penegasan itu dikemukakan, Ketua KPU Jatim Choiirul Anam, saat menerima kunjungan Kapolda Jatim, Irjen Pol Dr Nico Afinta, SIK., SH., MH, di kantor KPU Jatim Jum’at (4/12).
Apalagi, kata dia, selama pandemi Covid-19, KPU Jatim telah menjamin seluruh TPS yang dibentuk di 19 kabupaten/kota bebas dari virus corona. Pihaknya, telah menyiapkan protokol kesehatan super ketat, serta melakukan tes terhadap 34.000 petugas KPPS dan 97.000 petugas ketertiban di 48.607 TPS.

Menurut dia, jaminan kesehatan bebas dari corona virus dalam persiapan yang telah dilakukan KPU bersama TNI-Polri di Jawa Timur, diharapkan mampu mensukseskan tahapan akhir Pilkada serentak pada 9 Desember.

KPU Jatim, menjamin kesehatan masyarakat yang berpartisipasi, dengan membentuk TPS sehat, yang memiliki protokol kesehatan super ketat. Baik dari segi logistik hingga sumberdaya, petugas TPS.

Sementara itu, Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta, yang mengunjungi kantor KPU Jatim bertujuan membahas kesiapan penyelengaraan Pilkada serentak ini. Jendral asli arek Suroboyo ini menjamin, kesiapan personil dalam back-up pengamanan.

Polda Jatim juga gencar, membantu sosialisasi tahap akhir Pilkada guna meningkatkan partisipasi kehadiran masyarakat di TPS pada 9 Desember mendatang. Menurut dia, seluruh personil jajaran telah siap mewujudkan kondusifitas berlangsungnya tahapan pilkada, hingga akhir pencoblosan.

Selain pengamanan, Polda Jatim juga turut terjun untuk melakukan sosialisasi kampanye tahap akhir, meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat untuk hadir melakukan pencoblosan. Sosialisasi ini, dilakukan dengan publikasi secara digitial, serta konvensional melalui Babhinkamtibnas. (bw)