Simulasi pengamanan pilkada di Polresta Banyuwangi, belum lama ini. (foto/wir)
Simulasi pengamanan pilkada di Polresta Banyuwangi, belum lama ini. (foto/wir)

Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Jajaran Polresta Banyuwangi menerapkan strategi khusus dalam mengamankan pilkada di musim pandemi. Seluruh personelnya diwajibkan menjalani rapid test sebelum diterjunkan ke tempat pemungutan suara (TPS).  Sehingga, tidak memicu munculnya kluster baru penyebaran Covid pasca-pilkada.

Selain diwajibkan rapid test, seluruh personel Polresta dilengkapi alat pelindun diri (APD) ketika mengamankan TPS. Terutama, TPS dengan kerawanan tertentu. “Kita kerahkan 735 personel Polresta, mulai Polresta hingga jajaran Polsek untuk mengamankan TPS. Mereka sudah rapid test dan dilengkapi peralatan protokol Covid,” kata Wakapolresta Banyuwangi AKBP Wahyu Kusumo Bintoro, Kamis (3/12) pagi.

Perwira ini menjelaskan personel polisi digeser ke TPS pada H-2 pencoblosan hingga H+3 pemungutan suara. Selama bertugas, mereka dibekali peralatan protokol Covid. Mulai masker, sarung tangan, hand sanitizer hingga face shield.  “Khusus APD, tergantung kerawanan TPS,” jelas perwira dua melati ini.

Wakapolresta Banyuwangi menambahkan pihaknya rutin melakukan rapid test bagi personel Polresta. Rencananya, polisi yang akan dikerahkan mengamankan TPS akan melakukan rapid lagi jelang keberangkatan ke TPS. Sehingga, ketika bertugas mengamankan TPS, kondisinya benar-benar aman. Dan, masyarakat merasa aman datang ke TPS.

“Kami ingin memastikan personel pengamanan bebas Covid, sehingga masyarakat bisa menyalurkan hak pilih dengan aman dan nyaman,” jelasnya. Selama pengamanan pilkada, lanjut Wakapolresta, pihaknya dibantu personel Brimob dan  pasukan jihandak.

Lalu, tambahan personel dari Polda Jatim dan Polres tetangga sebanyak 100 orang. Jumlah ini masih ditambah personel dari Kodim sebanyak 300 orang dan TNI AL sebanyak 30 orang.  Pihaknya berharap di masa pandemi tidak menganggu aktivitas pilkada. Sehingga, pilkada bisa berjalan sesuai tahapan, jujur dan adil. (wir)