Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Perguruan Tinggi di Indonesia terus berinovasi. Salah satunya, kampus IT Telkom Surabaya, memperkenalkan produk masker yang dirancang khusus untuk masyarakat yang berolahraga.

Uniknya, masker ini dilengkapi kipas, filter karbon dan sinar ultra violet yang membuat udara dihirup menjadi lebih bersih dan sehat. Produk yang diberi nama IT Telkom portable masker ini diperkenalkan dan dilaunching di halaman Balai Kota Surabaya.

Masker portable adalah sebuah inovasi baru pada masker dimana udara kotor dapat disaring menjadi udara yang bersih. Terdapat kotak yang tersambung selang pada masker ini. Di dalamnya, terdapat komponen lampu UV-C portable yang berfungsi membunuh virus. VGA Fan yang berfungsi sebagai tempat sirkulasi udara juga terdapat karbon filter yang berfungsi memurnikan udara. Sementara, untuk sumber tenaga menggunakan baterai 12 volt yang bertahan hingga 4 jam.

Rektor IT Telkom Surabaya, Tri Arif Sarjono, mengatakan untuk produk inovasi masker ini memang sengaja didesain khusus untuk masyarakat yang berolahraga. Menurutnya, alat canggih ini menjadi jawaban bagi warga yang berolahraga supaya oksigen yang dibutuhkan tubuh tetap tercukupi dan yang paling penting tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, tertarik melihat inovasi alat IT Telkom portable masker. Pasalnya, ketika orang berolahraga dan mengenakan masker, disitu mereka akan kekurangan oksigen. Tetapi, dengan masker ini olahragawan akan bebas bernafas. Sehingga, semakin bebas bergerak dan tetap disiplin protokol kesehatan.

Dalam kesempatan itu juga, Wali Kota Risma, menjelaskan, alat-alat itu segera diurus hak patennya. Sebab, menurutnya agar tidak terjadi pencurian hak kekayaan intelektual. (stady/stv)