Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Paguyuban pelaku seni memberikan dukungan pada pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah. Hal itu karena komitmen Ipuk-Sugirah untuk pengembangan seni-budaya tak diragukan lagi.

Sugianto, Ketua Paguyuban Seni Jaranan Reog, Jaranan Singo Barong, Kecamatan Purwoharjo, mengatakan, seni-budaya adalah bagian tak terpisahkan dari Banyuwangi. Masyarakat Bumi Blambangan hidup dalam keberagamann seni-budaya, yang selama ini telah diperhatikan oleh pemerintah daerah.

“Berkat pengembangann seni-budaya yang dilakukan selama ini, sekarang banyak tumbuh sanggar-sanggar seni di Banyuwangi. Ini menunjukkan masyarakat Banyuwangi telah percaya diri dengan seni dan budayanya,” kata Sugianto.

Pengembangan seni-budaya juga membawa dampak positif bagi ekonomi para pelaku seni. Banyak seniman-seniman Banyuwangi yang tampil di luar Banyuwangi hingga luar negeri.

Bahkan, di masa pandemi dan memulai era new normal, para pelaku seni tetap diberi ruang bergilirann tampil dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Perhatian kepada seni budaya ini harus berkesinambungan, sehingga kami kompak mendukung Ipuk-Sugirah,” tambah Sugianto.

Selain bertemu paguyuban seni, di Purwoharjo Ipuk juga mengunjungi posko relawan, Komunitas Pendukung Ipuk (Kopi). Relawan Kopi ini secara swadaya mendirikan posko kemenangan. Posko didirikan dengan kemasan yang unik dari bambu dan rumbai-rumbai.

“Kami sangat berterima kasih pada para relawan dan pendukung yang terus semangat mendukung Ipuk-Sugirah. Kami terus berharap dan meminta kepada relawan dan pendukung untuk selalu memberikan dukungan yang positif dengan kampanye yang santun, tanpa menyebarkan kebencian, fitnah, dan hoaks. Mari jadikan Pilkada Banyuwangi sebagai pesta demokrasi yang menyenangkan,” kata Ipuk. (wir)