Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Warga Surabaya memiliki cara unik untuk mensosialisasikan penggunaan masker dan bahaya covid-19 dengan membawa keranda jenazah dan berpakaian hazmat serta mengenakan masker. Warga keliling kampung dan mendatangi kerumunan warga.

Memasang kain hitam dan tulisan korban corona, sejumlah warga terlihat sibuk menyiapkan keranda jenazah. Tidak hanya keranda, warga lainnya juga menyiapkan pakaian hazmat lengkap dengan pelindung wajah atau face shield maupun masker. Bahkan, beberapa warga lainnya juga menyiapkan alat penyemprotan disinfektan. Bersama TNI dan Polri serta pihak kecamatan dan puskesmas, warga yang mayoritas karang taruna di kawasan Mojo Surabaya berjalan keliling kampung.

Uniknya sambil mengenakan pakaian hazmat lengkap, mereka keliling dengan membawa keranda jenazah dan sambil keliling dengan disertai penyemprotan disinfektan. Warga juga menegur warga yang tidak mengenakan masker.

Ketua Karang Taruna Mojo Muhammad Coedri, mengatakan, kegiatan unik ini merupakan salah satu cara sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Kegiatan ini juga untuk mengingatkan kepada warga akan bahaya Covid-19. Sosialisasi unik inipun mendapat sambutan positif dari warga.

Sosialisasi unik ini sendiri juga terpaksa dilakukan karena tingginya sebaran Covid-19 di Kota Surabaya. Terlebih Surabaya khususnya dan Jatim pada umumnya kasus penyebaran Covid-19 masih tergolong tinggi. (stady/stv)