Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Usaha aqiqah sangat merasakan dampak pandemi covid-19. Bahkan, omzet menurun hingga 60 persen, khususnya dua bulan pertama Maret dan April saat virus corona ini merebak.

Penegasan itu dikemukakan Owner Istiqomah Aqiqah, Iqbal Farabi Anas, A.Md. Fis, kepada bisnissurabaya.com di Sidoarjo Sabtu (14/11) kemarin. “Terus terang, usaha ini sangat terpukul akibat wabah ini. Bahkan, dua karyawan bagian office terpaksa di rumahkan,” kata Iqbal Farabi.

Ia menjelaskan, usaha aqiqah yang berdiri 2004 ini pernah mengalami masa emasnya pada 2015. Saat itu, Syawal atau Juli 2015 tembus 630 kambing yang dipotong untuk dijadikan menu gule dan sate masakan khas aqiqah.

“Bila dihitung, satu hari dapat memotong 40 kambing untuk dijadikan bahan masakan gule dan sate kambing,” ujarnya. Namun, memasuki 2020 khususnya pada Januari omzet usaha aqiqah ini Rp 350 juta per bulan dengan 150 kambing. Tetapi, memasuki Maret dan April saat virus corona mulai merebak, omzet Istiqomah Aqiqah yang bermarkas di Kwangsan Sedati Sidoarjo ini mulai terjun bebas.

Bahkan, kata Iqbal, untuk mempertahankan usaha unit bisnis Dompet Amanah Umat ini yang mempekerjakan sekitar 13 karyawan harus merumahkan dua karyawannya, sehingga tersisa 11 orang.

Setelah melewati saat kritis, Maret – April, pesanan demi pesanan aqiqah mulai lancar kembali. Sejak Juli lalu, meski dalam masa Pandemi covid-19 usaha ini kembali bergairah dengan 130 kambing yang dipotong untuk kemudian dijadikan gule dan sate. Sedangkan saat Corona dan diberlakukannya PSBB (Maret-April) omzetnya hanya Rp 200 juta atau kambing yang dipotong dibawah 50 ekor.

Menurut Iqbal, usaha aqiqah dalam masa new normal ini tetap menerapkan protokol kesehatan dengan melaksanakan 3M. Yakni, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Karena itu, kata dia, setiap karyawan dan konsumen yang hendak pesan aqeqah dengan mendatangi kantor diwajibkan memakai masker dan cuci tangan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memangkas mata rantai penyebaran Corona. (bw)