Gresik, (bisnissurabaya.com) – Dalam kaitan memperingati Hari Pahlawan, lembaga ini memberikan apresiasi bagi mahasiswa. Kementerian BUMN menggelar program beasiswa perguruan tinggi bagi putra-putri TNI dan Polri. Beasiswa diserahkan serentak oleh perusahaan BUMN di 34 provinsi melalui video conference yang disaksikan Menteri BUMN Erick Thohir, Asisten Teritorial TNI Mayjen Madsuni dan Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

General Manager/ GM CSR Semen Indonesia Grup (SIG) Edy Saraya mengatakan, PT Semen Indonesia (Persero) bersama Kementerian BUMN berkontribusi melalui Program SIG Cerdas  memberikan beasiswa total sebesar Rp 360 juta kepada 72 putra-putri mahasiswa perguruan tinggi anggota TNI dan Polri berprestasi di Sulawesi Selatan.

“Kami berharap bantuan beasiswa ini dapat memberikan semangat bagi mahasiswa dalam menuntut ilmu dan mampu menjadi generasi unggul,” kata Edy Saraya, Selasa (10/11). Sementara itu, Menteri BUMN  Erick Thohir menambahkan Hari Pahlawan harus dimaknai dengan baik, jika dahulu dilakukan dengan perang dan banyak yang gugur, saat ini berbeda.

Pada pandemi Covid-19 saat ini, Kementerian BUMN membantu pemerintah dalam berbagai hal seperti memberikan keringanan biaya listrik, bantuan pulsa dan inisiasi lain bagi masyarakat yang lebih banyak. Salah satunya pemberian beasiswa bagi putra-putri anggota TNI dan Polri.

“Kami melihat banyak anggota TNI dan Polri yang memiliki putra-putri di perguruan tinggi yang berprestasi. Dalam program ini, mahasiswa yang dipilih berstatus mahasiswa aktif dan IPK minimal 3.0. Mahasiswa terpilih kami beri beasiswa Rp 5 juta per orang. Jumlah penerima sebanyak 2.200 orang yang terdiri dari 1.593 putra-putri anggota TNI dan 607 putra-putri anggota Polri yang tersebar di 34 Provinsi,” jelas Erick Thohir.

Salah seorang  penerima beasiswa dari SIG, Adhela Anugrah Sari, mahasiswi Universitas Muslim Indonesia Makassar sangat mengapresiasi program beasiswa ini. “Terima kasih Kementerian BUMN dan SIG atas beasiswanya. Semoga semakin banyak lagi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa kedepannya,” ungkap Adhela. (sam)