Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Kreasi siswi jurusan Batik SMK Negeri 2 Mahbadiul Ihsan,Tegalsari, Banyuwangi ini terbilang unik. Memperingati Hari Pahlawan, mereka diajak membuat batik bermotif pahlawan, Selasa (10/11) pagi. Gambar pahlawan dipadukan dengan motif tumbuhan-tumbuhan. Hasilnya sangat memikat.

Meski terbilang motif baru, para siswa tak kesulitan. Begitu diajari membuat motif pahlawan, mereka dengan cepat menuangkan ke desain kertas. Lalu, dikreasikan di kain menggunakan malam dengan mencanting. Termasuk memilih pewarnaan.

Hanya hitungan jam, batik tulis motif pahlawan selesai. Kombinasi siluet wajah pahlawan dipadu untaian motif batik Gajah Oling, khas Banyuwangi. Gambar pahlawan yang dijadikan batik, diantaranya Proklamator Soekarno, Gus Dur dan KH Asa’ad Samsul Arifin, pahlawan Nasional dari Situbondo.

“Inspirasi membuat batik pahlwan ini untuk mengenang jasa pahlawan, kebetulan Hari Pahlawan,” kata Oktaviana, salah satu siswa. Gadis ini mengaku tak sulit membuat motif pahlawan. Apalagi dengan teknologi desain menggunakan komputer.

Kepala SMK SMK Negeri 2 Mahbadiul IhsanTegalsari, Dr. Umar Said mengatakan pembuatan batik bermotif pahlawan ini bagian dari pengamalan nasionalisme para siswa. Selain itu, mengajari siswa menciptakan batik karakter.

“Mengamalkan nasionalisme bisa dengan profesi masing-masing. Salah satunya dengan membatik. Harapannya, para siswa bisa mengamalkan nasionalisme melalui kerajinan batik,” katanya. Batik bermotif pahlawan ini, kata Umar, akan ditawarkan ke berbagai instansi untuk dijadikan seragam.

Ditambahkan, batik menjadi salah satu ikon nasional. Karena itu, pihaknya memberikan dorongan ke siswa untuk menjadi enterpreneur batik setelah lulus. “Kami menciptakan kerajinan batik ini untuk inkubator enterpreneur. Jadi, begitu lulus, siswa tak bergantung dengan lowongan kerja, tapi mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri,” jelasnya.

Menurut Umar, minat siswa menekuni batik cukup tinggi. Meski di Banyuwangi terbilang baru, peminat jurusan batik selalu naik setiap tahun. (wir)