Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Puluhan Burung Parrot jenis Macaw asal Brazil terbang bebas/free flight di langit Surabaya. Burung yang mempunyai warna bulu mencolok dan cantik ini menjadi daya pikat tersendiri bagi para pencinta burung hias untuk menggelar latihan bersama.

Ketua P3J, Guantoro, mengatakan, sedikitnya, ada puluhan pencinta burung hias dari berbagai wilayah Jawa Timur/Jatim. Seperti Surabaya, Sidoarjo, Malang, Tangerang dan Yogyakarta yang mengikuti  latihan bersama. Adapun, latihannya meliputi terbang bebas bersama selama 2 – 3 menit.

Parrot, merupakan salah satu jenis burung berparuh bengkok yang kian digemari sebagai burung peliharaan. Meski burung yang punya tubuh bongsor ini bukan dinikmati dari kicauannya melainkan sebagai burung hias lantaran warna bulunya yang indah dan cantik.

Pemilik Burung Parrot, Candra, menambahkan, dibalik keindahan warnanya aksi burung ini pun tak kalah ciamik, Parrot dikenal punya intelegensi yang tinggi. Ia bisa menirukan suara manusia, menari, berhitung. Bahkan bisa dilatih untuk terbang bebas dan kembali.

Proses melatih burung ini hingga jinak tergolong mudah. Pemberian nama juga berperan penting, setiap pemilik memanggil namanya dan dipandu suara khas dari peluit maka burung akan mengenali dan selalu kembali. Namun ada jenis parrot tertentu yang perlu dilatih sedini mungkin agar ketika diterbangkan bersama-sama akan kembali ke pemiliknya meskipun dengan radius jarak yang cukup jauh. (farid/stv)