Surabaya, (bisnissurabaya.com) – PT Kereta Api Indonesia/KAI Daerah Operasisi (DAOP) 8 Surabaya mengoperasikan 23 perjalanan kereta api/KA jarak jauh. Diprediksi pada libur panjang kali ini mengalami kenaikan hingga 15 persen dibandingkan angkutan KA di masa Pandemi Covid-19.

Mengantisipasi lonjakan penumpang KA pada saat libur panjang Maulid Nabi Muhammad, PT KAI DAOP 8 Surabaya menyiapkan tambahan 5 perjalanan kereta jarak jauh-menengah. Jika sebelumnya hanya terdapat 18 perjalanan menjadi 23 perjalanan kereta yang sebagian besar tujuannya Surabaya-Jakarta, Surabaya-Bandung dan Surabaya – Yogyakarta.

Manager Humas PT KAI DAOP 8 Surabaya, Suprapto, mengatakan bahwa penambahan perjalanan kereta ini diantaranya sebelas perjalanan dari Surabaya ke arah Jakarata melalui jalur utara. Empat perjalanan arah ke Jakarta melewati Jalur Selatan dan dua perjalanan kereta ke arah Bandung. Sisanya ke arah Banyuwangi, Semarang dan Yogyakarta. PT KAI DAOP 8 memprediksi pada libur panjang kali ini ada kenaikan 15 persen di masa Pandemi Covid-19 ini.

Pihak PT KAI DAOP 8 surabaya manambahkan selama Pandemi Covid-19 ini diterapkan protokol kesehatan kepada semua penumpang kereta. Mulai penggunaan masker dan face shild, menjaga jarak dan surat keterangan sehat bebas Covid-19. Pihaknya juga menyediakan layanan rapid tes di stasiun untuk semua penumpang jarak menengah jauh. (feri/stv)