Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Libur panjang akhir pekan ini, PT KAI Daerah Operasi (Daop) 9 Jember menambah rute perjalanan kereta api (KA). Penambahan ini mengantisipasi peningkatan jumlah pengguna kereta api. Rute perjalanan kereta yang ditambah masing-masing, KA Wijaya Kusuma relasi Ketapang – Cilacap dan KA Ranggajati relasi Jember – Cirebon. Penambahan rute ini tetap menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat.

“Dengan penambahan ini, harapannya semakin banyak pelanggan yang dapat menikmati perjalanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat,” kata Vice President KAI Daop 9 Jember, Agus Barkah Nugraha, Senin (26/10) siang. Dijelasna, KA Wijayakusuma relasi Ketapang-Cilacap (PP) diberangkatkan pada 24-25 Oktober, dan 27-31 Oktober 2020, serta KA Ranggajati beroperasi tanggal 27 Oktober 2020.

Sebelumnya, KA yang beroperasi di Jember selama pandemi, masing-masing, KA Tawangalun relasi Ketapang – Malang, KA Srintanjung relasi Ketapang – Yogyakarta, KA Probowangi relasi Ketapang – Surabaya dan KA Pandanwangi relasi Jember-Ketapang. Peningkatan jumlah
perjalanan KA ini otomatis menambah jumlah tempat duduk. Jumlah tempat duduk KA jarak jauh pada 24 Oktober – 1 November 2020 sebanyak 5.345 kursi /hari. Jumlah ini naik 20 persen
dibandingkan dengan sebelum long weekend, sebanyak 4.440 kursi /hari. “Tiket untuk libur panjang akhir pekan ini bisa dipesan mulai H-14,” jelasnya.

Penambahan rute KA ini, lanjutnya, tetap tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid. Penumpang wajib menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku. Untuk menjaga jarak selama perjalanan, KAI hanya menjual tiket sebanyak 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia. Pihaknya juga menyiapkan layanan rapid tes di dua stasiun. Masing-masing, Stasiun Jember dan Stasiun Ketapang.

“Penyediaan layanan rapid tes untuk memudahkan pelanggan, sehingga tidak perlu mencari tempat rapid test di luar,” pungkasnya. (wir)