Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Luar biasa perkembangan wisata di Kabupaten Sidoarjo. Sangat pesat dan menawarkan sajian konsep wisata yang beragam. Wisata yang unik dan berbeda tentu punya daya tarik tersendiri untuk memikat wisatawan.

Wisata unik itu tak lain adalah Arena Edukasi Berkuda dan Panahan di Desa Kalidawer, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, diresmikan Gubenur Jawa Timur/Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (24/10) sore.

Gubernur menebar benih ikan. Meski terbilang wisata baru, tapi sudah mempunyai daya tarik yang nantinya dapat diminati semua kalangan. Gubenur Khofifah Indar Parawansa, sangat mengapresiasi adanya arena edukasi berkuda dan panahan ini.

“Mudah-mudahan inisiasi dari Asosiasi Pengusaha Desa, menuai sukses dan bisa terus dikembangkan. Juga bisa menjadi referensi bagi desa-desa yang lain. Hari ini yang sangat luar biasa adalah anak-anak muda milineal yang tinggal di desa, selalu ingin menjadikan desa yang terbaik potensinya sangat luar biasa, baik pemikiran-pemikiran dalam inovasinya,” ucapnya.

Khofifah, menambahkan, di arena wisata ini bukan hanya tempat untuk berkuda dan panahan saja. “Tapi juga dilengkapi fasilitas yang lain seperti spot foto, mini zoo, perahu sungai, wisata menanam padi, dan tempat bermain anak-anak,” tuturnya.

Wahana ini juga akan terintegrasi dengan klub berkuda Yussar Stable and Riding yang merupakan tempat untuk pembinaan atlet cabang olah raga berkuda dan memanah juga dapat mendorong minat masyarakat Sidoarjo untuk belajar olah raga berkuda.

Khofifah, juga mengunjungi stand-stand UKM yang memamerkan produk unggulan dari para pelaku UMKM di Kabupaten Sidoarjo. Selanjutnya Gubenur melakukan sebar benih ikan wader didampingi Pj Bupati Sidoarjo di Sungai Desa Kalidawer, Kecamatan Tanggulangin.

Acara ini, dihadiri Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono, Kapolresta Sidoarjo, Dandim 0816 Sidoarjo, Kejari Sidoarjo, Forkopimda Sidoarjo dan forkopimka, Kecamatan Tanggulangin, para ulama, juga para kepala OPD Kabupaten Sidoarjo.
Tampak juga kepala dinas perikanan Ir H Bahroni Menebarkan benih ikan di sungai depan wisata edukasi berkuda. (rin)