Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Berbagi di musim pandemi ditunjukkan jajaran kepolisian dari Polresta Banyuwangi. Korps berbaju coklat ini membagikan layanan wifi gratis ke siswa untuk belajar daring. Yang disasar kalangan siswa kurang mampu yang terdampak Covid.

Seperti komunitas nelayan dan desa-desa terpencil. Selain internet gratis, polisi bersama TNI memberikan pemahaman protokol kesehatan kepada siswa. Mulai pakai masker, rajin cuci tangan dan selalu menghindari kerumunan.

Layanan wifi ini diberikan petugas Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas). Menggunakan motor, polisi yang bertugas di desa ini berkeliling ke derah binaannya. Saat berkeliling ditemani Babinsa dari unsur TNI. “Jadi, petugas Babinkamtibmas bersama Babinsa berkeliling ke desa. Lalu, memberikan internet gratis dari wifi yang dibawa ke siswa terdampak Covid. Mereka bisa belajar secara daring,” kata Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifudin, Kamis (22/10) siang.

Pihaknya berharap, layanan ini bia meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid. Khususnya, para siswa yang membutuhkan jaringan internet untuk sekolah daring. Selama kegiatan, petugas Babinkamtibmas dan Babinsa memberikan sosialisasi pentingnya protokol kesehatan.

Termasuk, pembagian masker. Sehingga, belajar mengajar para siswa tetap berlanjut, sembari menerapkan protokol kesehatan. Ketika akan ke lapangan, petugas Babinkamtibmas sudah memiliki target lokasi. Termasuk, jadwal belajar daring siswa.

Dalam sehari, bisa berpindah lebih dari satu titik. “Jadwal belajar daring kan tidak sama. Jadi, petugas bisa bergilir memberikan internet gratis,” jelasnya. Tak hanya sosialisasi protokol Covid, aksi ini sekaligus kampanye ketertiban di masyarakat. Misalnya, mengajak masyarakat tidak menggelar kegiatan yang melibatkan banyak orang. Sebab, rawan terjadi penularan Covid. (wir)