Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi, dimanjakan. Pengunjung ke sejumlah obyek wisata andalan diberikan layanan angkutan gratis. Seperti ke obyek wisata Taman Nasional Alas Purwo, Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran.

Selama perjalanan, penumpang wajib mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Bermasker, menjaga jarak dan selalu cuci tangan. Angkutan wisata gratis ini program Kementerian Perhubungan bersama Perum Damri. Tujuannya, membangkitkan geliat pariwisata di kabupaten ujung timur Pulau Jawa tersebut.

Program angkutan wisata gratis ini sudah dimulai 15 Oktober lalu. Rencananya, berlanjut hingga akhir tahun 2020. “ Kami mendapat perintah dari Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub untuk

program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat pandemi covid-19. Damri diminta menyediakan armada angkutan gratis bagi wisatawan pada kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) di Banyuwangi,” kata General Manager Damri Banyuwangi Resta Mahardika, Kamis (22/10) siang.

Sebanyak 8 armada bus disiapkan untuk wisatawan. Rincianya, empat unit bus sedang berkapasitas 20 orang, dan empat unit minibus berkapasitas 14 orang.  “Layanan ini buka setiap hari dan gratis. Penumpang tidak dikenakan biaya apapun. Operasionalnya juga menggunakan standar protokol kesehatan covid,” tegas Resta.

Penumpang dan petugas, lanjutnya, wajib dicek suhu tubuh, menggunakan masker dan mejaga jarak serta rajin cuci tangan. Armada bus diberangkat dari Taman Sritanjung (depan Pendopo), mulai pukul 09.00 WIB. Lalu, bergerak ke destinasi masing-masing. Setiap rute memiliki jadwal berbeda.

Wistaawan hanya tinggal menunggu di lokasi pemberangkatan. Sebab, angkutan ini melayani PP. Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda berharap angkutan wisata gratis ini bisa mendorong geliat pariwisata di daerah. Khususnya, Banyuwangi.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan Banyuwangi sudah memberikan layanan angkutan wisata gratis. Tujuannya, Pulau Merah, Bangsring Under Water, City Tour dan Kawah Ijen. “ Harapannya, makin banyak angkutan wisata gratis, wisatawan akan mudah berwisata ke Banyuwangi,” tegasnya. (wir)