Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Organisasi Masyarakat/Ormas Projo akhirnya melabuhkan pilihan pada pilkada Banyuwangi. Gerbong besar pendukung Jokowi ini memberikan dukungan ke pasangan Cabup/Cawabup Ipuk – Sugirah. Pernyataan resmi dukungan ini diungkapkan Ketua DPC Projo Banyuwangi Rudi Latief, usai pidato terbuka Projo Banyuwangi Pasca Pandemi, Minggu (18/10) siang.

Pria yang akrab disapa Rudi, ini menegaskan, pilihan Projo jatuh ke pasangan nomor dua dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya, kemajuan Banyuwangi yang sudah diraih 10 tahun
terakhir.

Meski, kata Rudi, masih terdapat kekurangan, pilihan resmi kami, mendukung cabup nomor 2, Ipuk – Sugirah. “Pertimbangannya, kemajuan Banyuwangi dengan kekurangan yang ada harus dipertahankan,” tegasnya. Pilihan ini bukan tanpa dasar. Cabup Ipuk adalah istri Bupati Abdullah Azwar Anas. Sehingga, diharapkan mampu melanjutkan kemajuan berbagai bidang di Banyuwangi selama dipimpin Bupati Anas.

Rudi, menambahkan, kemajuan Banyuwangi tidak boleh mundur. Apalagi, mengalami kerusakan yang lebih buruk. “Jadi, kemajuan ini harus berlanjut, dengan perbaikan-perbaikan yang sudah ada,” tegasnya.

Dengan menjatuhkan pilihan ini, pihaknya memastikan akan menggerakkan seluruh komponen Projo di Kabupaten Banyuwangi.
Sementara itu, Sekjen DPP Projo, Handoko, mengatakan urusan Pilkada menjadi wewenang DPC. Karena itu, pihaknya menyerahkan sepenuhnya ke DPC Banyuwangi. Namun, pria asli Banyuwangi ini menegaskan Banyuwangi sudah mengalami perkembangan pesat.

Mulai infrastruktur hingga kinerja pemerintahnya. Prestasi ini berkat kepemimpinan Bupati Abdullah Azwar Anas. Pihaknya mendorong kemajuan ini bisa dilanjutkan. Apalagi, pasca-pandemi,
dibutuhkan keseriusan dan pengalaman untuk mengelola pemerintahan daerah. “ Saya rasa, Banyuwangi sudah punya modal kuat untuk melanjutkan pembangunan pasca-pandemi. Modal itu adalah kemajuan yang sudah dimiliki ini,” tegasnya.

Menurut Handoko, Banyuwangi bisa
dikenal di kancah nasional karena kepemimpinan yang inovatif dari sosok Bupati Abdullah Azwar Anas. Sehingga, harus dilanjutkan berbagai inovasi yang sudah ada. Pilkada Banyuwangi diikuti dua pasangan cabup/cawabup. Masing-masing, pasangan nomor satu Yusuf Widiatmoko – Gus Riza didukung PKB, Demokrat, Golkar dan PKS. Yusuf adalah Wakil Bupati Banyuwangi dua periode. Sementara, pasangan nomor dua Ipuk Fiestiandani Azwar Anas – Sugirah didukung PDIP, NasDem, Gerindra, Hanura dan PPP. Ipuk merupakan istri Bupati Abdullah Azwar Anas. (wir)