Blitar, (bisnissurabaya.com) – Setelah terhenti lima bulan, negara covid-19, Tim Ekskavasi BPCB Jawa Timur/Jatim kembali melanjutkan penggalian di lokasi Candi Gedog, Kota Blitar. Ekskavasi lanjutan ini untuk menentukan perlu dan tidaknya penggalian secara menyeluruh atau tidak.

Tim Ekskavasi Balai Pelestari Cagar Budaya Jatim, kembali melakukan ekskavasi Candi Gedog di Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Ekskavasi kembali dilakukan oleh Tim BPCB setelah berhenti selama lima bulan akibat pandemi covid-19.

Ekskavasi lanjutan Tim BPCB Jatim ini terdiri dari tujuh orang arkeolog. Mereka akan menggali empat titik dengan tujuan sampai ke dasar bangunan candi. Hasil galian ini nantinya akan menjadi titik temu, perlu tidaknya ekskavasi menyeluruh atau tidak.

Ketua Tim Ekskavasi Candi Gedog dari BPCB Trowulan, Nugroho Harjo Lukito, mengatakan, ekskavasi tahap awal ini akan dilakukan selama lima hari kedepan.
Sebelumnya, pada 2019, warga sekitar bersama petugas menemukan adanya batu kono dan relif yang diduga sebuah bangunan peninggalan Kerajaan Majapahit. (khoirul/stv)