Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Peringati HUT ke-39 paguyuban warga asal Kabupaten Bantul menggelar silaturahmi virtual dengan hiburan wayang kulit. Acara yang digelar daring ini diikuti Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan sejumlah pejabat lainnya asal Bantul. Pagelaran wayang kulit ini juga untuk melestarikan budaya pewayangan kepada kalangan milenial.

Paguyuban warga asal Kabupaten Bantul atau yang lebih dikenal dengan Warkaban, memperingati hari jadi ke-39 dengan virtual. Dalam silaturahmi virtual tersebut, beberapa tokoh pejabat memberikan sambutan dan ikut memperingati HUT Warkaban ke-39. Salah satunya adalah Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta.

Ketua Warkaban Korwil Jawa Timur, Wahyu P Kuswanda, menyebut pagelaran wayang climen dipilih karena bentuk pagelaran wayang secara virtual sangat cocok di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini. Dalangnya menggelar wayang di Bantul, kemudian disiarkan kepada seluruh anggota Warkaban di seluruh Indonesia yang mengikuti lewat zoom meeting.

Wahyu, menyebut jika kegiatan ini dilakukan selain sebagai HUT Warkaban juga untuk mempererat tali persaudaraan antar anggota warkaban, agar komunikasi tetap bisa terjalin dengan baik, serta melestarikan budaya pewayangan di tengah kalangan milenial.

Dengan diadakannya pagelaran wayang virtual ini, diharapkan anggota paguyuban Warkaban bisa menangkal pesan-pesan luhur. Juga bermanfaat tidak hanya bagi anggota, melainkan juga untuk masyarakat umum. (irwanda/stv)