Jakarta, (bisnissurabaya.com) – Operator telekomunikasi terus berinovasi. Karena itu, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memperkuat komitmen untuk selalu mendukung pembangunan nasional melalui bidang telematika. Menginjak usia yang ke-24 tahun berkiprah sebagai operator telekomunikasi dan data di Indonesia, XL menyadari sepenuhnya atas urgensi bidang telematika yang digelutinya sebagai salah satu penopang utama percepatan pembangunan nasional.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini menegaskan, XL Axiata akan berusaha selalu menyelaraskan kepentingan usaha dan bisnis dengan dukungan kepada visi pembangunan yang dijalankan pemerintah.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, selama 24 tahun XL Axiata berkiprah di Industri Telkomunikasi Indonesia, selama itu pula kami berusaha semaksimal mungkin mendukung program-program pemerintah yang terkait dengan bidang telematika. XL menyadari keberadaan infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasi, internet, dan data digital akan semakin penting guna menopang pembangunan di semua bidang.

‘’Kami akan melanjutkan dukungan kepada pemerintah melalui pembangunan jaringan infrastruktur yang semakin luas hingga ke pelosok-pelosok area, adopsi atas teknologi terbaik dan terbaru, serta melahirkan produk-produk layanan inovatif yang akan mendorong produktivitas masyarakat Indonesia,’’ kata Dian.

Dian menyatakan, di saat pandemi tengah berjangkit seperti sekarang, masyarakat semakin merasakan betapa urgentnya keberadaan jaringan internet dan produk layanan digital untuk mendukung hampir semua aktivitas kehidupan mana kala faktor kesehatan memaksa mereka untuk tetap tinggal di rumah dan menghindari kerumunan.

Menurut dia, dari evaluasi atas kualitas layanan selama masa pandemi, managemen XL Axiata telah menempuh berbagai upaya untuk bisa memaksimalkan kualitas layanan sehingga bisa memenuhi harapan pelanggan. Selain itu, sejumlah produk baru yang inovatif yang disesuaikan dengan kebutuhan terkini telah ditawarkan kepada pelanggan.

Total sebanyak 139.000 unit BTS, termasuk lebih dari 49 ribu unit BTS 4G, menopang jaringan XL Axiata di 456 kota/kabupaten di hampir seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Selain itu, backbone fibre optic milik XL Axiata membentang sepanjang ribuan km menghubungkan semua jaringan yang tersebar di sebagian besar wilayah kepulauan nusantara.

Melengkapi rangkaian kegiatan Ulang Tahun, XL Axiata bersama dengan karyawan mengajak mitra kerja, pelanggan dan masyarakat umum melakukan kegiatan sosial berupa donasi smartphone dan penggalangan dana mulai 8 s/d akhir Oktober. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu para pelajar kurang mampu di area terpencil yang selama ini kesulitan untuk bisa memiliki smartphone sebagai sarana mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sasaran penyaluran donasi ini adalah para pelajar di pelosok-pelosok area yang berada di Nusa Tenggara, Sumatra, dan Kalimantan.

Program pengumpulan smartphone baru maupun bekas layak pakai ini terbuka bagi karyawan, pelanggan, dan masyarakat luas. Smartphone bekas layak pakai tersebut bisa dilberikan/dilakukan di XL Center seluruh Indonesia. Manajemen XL Axiata akan memberikan 1 buah smartphone baru untuk setiap smartphone layak pakai yang berhasil dikumpulkan.

Dengan demikian, makan nanti jumlah smartphone yang bisa didonasikan menjadi berlipat lebih banyak, yang berarti akan semakin banyak juga pelajar yang terbantu. Setiap pelajar penerima donasi smartphone juga akan mendapatkan kartu perdana lengkap dengan paket data XL Axiata, sehingga mereka bisa langsung menggunakan smartphone tersebut untuk mengikuti PJJ.

Penyaluran donasi smartphone ini akan dibantu Benihbaik.com sebagai mitra XL Axiata. Sementara itu, pemilihan para pelajar penerima donasi akan dibantu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama untuk pelajar madrasah.

Selain dalam bentuk smartphone, XL Axiata juga akan memberikan dukungan dalam bentuk dana tunai. Untuk itu, XL Axiata akan mengajak masyarakat dan pelaku bisnis lainnya, terutama para mitra dan relasi, untuk ikut berpartisipasi sebagai donatur. Sebagai inisiator, XL Axiata mengalokasikan dana sebesar Rp 2,4 miliar, sesuai angka ulang tahun ke-24.

Dana senilai Rp. 2,4 miliar ini akan digabungkan dengan dana hasil pengumpulan bersama masyarakat dan berbagai pihak yang berpartisipasi, untuk nantinya akan disalurkan secara resmi dan transparan ke pihak-pihak yang membutuhkan sesuai aturan yang berlaku. Rencana pendistribusian donasi smartphone dan dana ini akan dilaksanakan sekitar pertengahan November 2020. (bw)