Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Sebuah hotel bintang empat di Surabaya menjadi sorotan setelah karyawannya memasang spanduk di pinggir jalan yang bertuliskan minta bantuan sembako. Hal ini pun terjadi lantaran sudah enam bulan mereka tidak menerima gaji.

Akibat tidak menerima gaji selama enam bulan sejak Januari 2020, karyawan Hotel Garden Palace Surabaya akhirnya melakukan aksi protes dengan memasang spanduk meminta bantuan sembako dan memasang tenda di halaman parkir hotel. Hal ini, mereka lakukan lantaran tidak adanya kejelasan negosiasi dengan pihak managemen terkait hak-hak mereka yang belum dibayarkan.

Seperti diketahui, di tengah pandemi ini, sejumlah hotel di Indonesia tengah berjuang untuk tetap bertahan. Namun, agaknya Hotel Garden Palace yang terletak di Jalan Yos Sudarso no 11 Surabaya ini termasuk yang ikut dihantam  wabah corona dan merugi. Namun, menurut pengakuan salah seorang karyawan Jospat Erwanto, kejadian ini sudah terjadi sejak sebelum pandemi melanda Indonesia. ‘’Dengan dalih pihak hotel belum memiliki dana untuk membayar gaji karyawan,’’ kata Ketua Aksi, Jospat Erwanto, kepada bisnissurabaya.com di Surabaya Selasa (6/10).

Hingga tuntutan mereka dipenuhi, para karyawan akan tetap mendirikan tenda di lingkungan hotel. Selain itu, kejelasan status juga menjadi pekerjaan rumah, apakah mereka di rumahkan atau dikeluarkan. Karena selama ini status mereka masih belum jelas. (husni/stv)