Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Acara peringatan global hari habitat dunia, yang di pusatkan di Kota Surabaya berlangsung secara hybrid, senin (5/10) malam. Selain opening ceremony digelar di Balai Kota Surabaya, acara internasional ini juga berlangsung secara virtual dan diikuti oleh berbagai negara.

Puluhan sorot mata pun tertuju ke panggung yang disiapkan Pemkot Surabaya. Diawal acara, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, menyampaikan beberapa sambutan. Kemudian, sambutan diisi oleh beberapa tokoh nasional maupun mancanegara melalui video virtual. Diantaranya Sekjen PBB, António Guterresz, presiden ri joko widodo dan direktur eksekutif UN Habitat, Badan Program Pemukiman Manusia PBB, Maimunah Mohd Sharif dari Malaysia.

Dalam sambutannya, yang berlangsung melalui video virtual, Presiden RI Joko Widodo, menyampaikan selamat datang kepada seluruh delegasi yang menghadiri acara tersebut secara langsung di Surabaya. Peringatan global hari habitat dunia kali ini digelar dengan sangat terbatas dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Acara Peringatan Global Hari Habitat Dunia 2020 ini diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran internasional tentang tren urbanisasi tantangan dan visi untuk pembangunan perkotaan yang berkelanjutan, mempromosikan kerja sama internasional dan memberikan kontribusi pada upaya global untuk membangun kota yang adil, makmur dan berkelanjutan, serta meningkatkan lingkungan hidup dan kualitas hidup masyarakat.

Peringatan global hari habitat dunia tahun ini mengangkat tema “housing for all: a better urban future” yang dinilai oleh presiden sebagai tema yang sangat relevan untuk seluruh dunia. Rumah layak adalah kebutuhan dasar semua orang di seluruh dunia yang akan memperkuat keluarga sebagai pilar utama kekuatan bangsa, sekaligus berperan sebagai benteng pertahanan pertama melawan berbagai risiko kesehatan termasuk pandemi covid-19. (stady/stv)