Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Penggunaan alat pelindung diri (APD) dalam penanganan Covid-19 hal wajib dipenuhi tenaga medis guna meminimalisir resiko penularan. Terutama, saat sedang bertugas menangani pasien terdampak. Memahami akan pentingnya hal tersebut, yang mendorong Trakindo memberi bantuan kemanusiaan berupa pendonasian APD kepada tenaga medis di seluruh wilayah Indonesia. Kali ini, dilakukan di Rumah Sakit Islam/RSI Jemursari, RS Lapangan Indrapura, Puskesmas Siwalankerto, dan Puskesmas Kalirungkut sebagai fasilitas kesehatan rujukan Covid-19 di Jawa Timur/Jatim.

East Java Region Manager Trakindo, Hardi S, mengatakan, hadirnya program bantuan kemanusiaan Trakindo ini merupakan bentuk komitmen berkelanjutan dari perusahaan untuk bersama melawan Covid-19. Melalui kegiatan ini, kami berharap bisa mendorong upaya kolaboratif dari berbagai pihak untuk bersama melawan Covid-19, sekaligus mendukung pemenuhan keamanan bagi tenaga medis selama bertugas di garda terdepan dalam penanganan Covid-19. “Kegiatan ini merupakan bagian dari empat pilar tanggung jawab sosial Trakindo. Yaitu, pendidikan, bantuan kemanusiaan, kesehatan, dan lingkungan,” kata Hardi.

Sejak Covid-19 merebak di Indonesia, kata dia, Trakindo telah memberikan dukungan kepada tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam memerangi Covid-19. Pada kesempatan ini, Trakindo juga terus melanjutkan dukungannya di Surabaya melalui pemberian 17.120 APD yang terdiri dari 5.350 masker N95, 600 hazmat suit, 3.000 hair cap,1.285 face shield, 6.000 safety gloves, 885 kacamata medis yang diberikan langsung kepada fasilitas kesehatan yang menangani pasien Covid-19. Yaitu, RSI Jemursari, RS Lapangan Indrapura, Puskesmas Siwalankerto, dan Puskesmas Kalirungkut. Donasi yang diberikan diserahkan kepada tenaga medis yang bertugas merawat pasien Covid-19.

dr Paulin Marwita, M.Kes, Sp.OT, dokter spesialis tulang di RS Lapangan Indrapura, yang menerima bantuan itu mengucapkan, terima kasih kepada PT Trakindo Utama yang telah mendonasikan bantuannya. Ini menunjukan penanganan itu tidak hanya dari pemerintah tapi dari partisipasi semua pihak. “Bantuan APD ini rencananya akan kami distribusikan kepada tim yang bertugas dan juga pasien yang membutuhkan. Namun, saya ingin ingatkan kembali mungkin angkanya sendiri di Surabaya mulai menurun tapi tetap jangan lengah, terlebih pandemi ini sudah dirasakan lebih dari 6 bulan. Jadi kita sudah mulai jenuh, mulai bosan sehingga jangan pernah lengah, perjuangan kita melawan Covid-19 belum selesai,” ujar Paulin.

Program Bantuan Kemanusiaan Trakindo ini juga telah dilakukan ke beberapa wilayah lain di Indonesia yang diwakilkan melalui cabang Trakindo di lebih dari 23 titik di Indonesia meliputi Jakarta, Banjarmasin, Makassar, dan kota-kota lainnya. Bantuan tersebut berupa ribuan APD. Mulai, hazmat suit, protective apparel, safety gloves dan masker N95 yang diserahkan ke tiap-tiap cabang dan didistribusikan ke RS/fasilitas kesehatan rujukan untuk penanganan Covid-19.
(bw)