Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Ratusan Pekerja Migran Indonesia/PMI yang bekerja di Brunei Darussalam pulang kampung ke Indonesia lewat Bandara Internasional Juanda Sidoarjo. Dari 144 pekerja tersebut, ada 118 orang berasal dari Jawa Timur/Jatim. Mayoritas kepulangan mereka dikarenakan telah selesai kontrak kerjanya.

Ratusan PMI yang telah mengadu nasib di Brunei Darussalam ini, pulang ke Indonesia dengan menggunakan pesawat carter, Royal Brunei Airlines yang mendarat di Bandara Internasional Juanda Sidoarjo. Setibanya di Bandara, mereka pulang ke rumahnya masing-masing dan tidak ada yang dikarantina lantaran sudah lolos cek kesehatan.
Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja/UPT P2TK Disnakertrans Jatim, Budi Raharjo, mengatakan, dari 144 pekerja migran yang pulang kampung ini, sebanyak 118 orang berasal dari Jatim. Sementara, 26 orang berasal dari luar Jatim. Diantaranya dari Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Jawa Tengah. 90 persen kepulangan mereka ini dikarenakan telah selesai masa kontrak kerjanya, sisanya dikarenakan adanya pemasalahan deportasi maupun sakit. (agung/stv)