Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Di situasi pandemi saat ini, mahasiswa surabaya terus melakukan berbagai inovasi karya yang bermanfaat bagi masyarakat. Kali ini, lima mahasiswa dari kampus NU di Surabaya berinovasi menciptakan sebuah produk gantungan botol minum ramah lingkungan.

Karya inovatif ini dihasilkan dari kerja kreatif lima mahasiswa dari tim pekan kreativitas mahasiswa Unusa. Lima mahasiswa itu antara lain, Yolanda Lettalia, Adelina Pratiwi, Sofi Azilan, Arista Putri dan Nindy Kurniati. Kelimanya adalah mahasiswa program studi ilmu kesehatan masyarakat.

Adelina Pratiwi, salah satu dari kelima mahasiswa tersebut menjelaskan, karya inovasinya merupakan salah satu gantungan untuk botol minum ramah lingkungan pendukung zero waste. Gantungan ini akan terlihat stylish, sehingga menarik untuk digunakan anak muda.

Berbahan dasar pelepah pisang, karya ini lebih ramah lingkungan lantaran tidak banyak sampah yang dihasilkan. Selain itu, latar belakang para mahasiswa ini membuatnya, lantaran batang pisang jarang dimanfaatkan oleh masyarakat, yang paling sering dimanfaatkan buah dan daunnya saja. Kondisi ini membuat banyaknya sampah batang pisang. Karena itu, mereka mencoba untuk mengolahnya menjadi produk yang bermanfaat. Sehingga jadilah gantungan botol yang menarik dan ramah lingkungan.

Mahasiswi dalam proses pembuatannya, pelepah pisang dibelah memanjang lalu mengeringkan pelepah pisang hingga kering. Jika sudah kering, pelepah pisang itu langsung diikat dengan cara dikelabang, lantas langsung dibentuk untuk gantungan botol yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, daya kekuatan dari gantungan ini cukup kuat untuk menahan berat botol dan isinya. (agung/stv)