Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Pemilihan Bupati/Pilbup Banyuwangi, 9 Desember resmi diikuti dua pasangan calon/paslon. KPUD Banyuwangi, Rabu (23/9) siang, mengumumkan dua bakal paslon yang mendaftar memenuhi syarat maju dalam pilbup. Keduanya masing-masing, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas – Sugirah dan Yusuf Widiatmoko – Muhammad Riza Azizy.

Pengumuman penetapan paslon ini tanpa dihadiri paslon, termasuk parpol pendukung. KPUD mengumumkan secara online dan bersurat ke masing-masing paslon dan partai pendukung. “Sesuai hasil pleno, KPUD Banyuwangi memutuskan dua bakal paslon yang mendaftar, seluruhnya memenuhi syarat. Selanjutnya resmi sebagai paslon,” kata Ketua KPUD Banyuwangi Dwi Anggraeni.

Pejabat ini menjelaskan, penetapan paslon dituangkan dalam SK KPUD No.362 dan No.363. “Jadi, masing-masing paslon kita berikan SK tersendiri,” jelas Anggraeni bersama empat komisioner KPUD. Selanjutnya, dua paslon akan mengikuti pengundian nomor urut, Kamis (24/9) siang.

Sebelumnya, dua paslon ini mendaftar di KPUD Banyuwangi di hari yang sama. Paslon Ipuk Fiestiandani Azwar Anas – Sugirah diusung PDIP, NasDem, Gerindra, PPP dan Hanura. Ipuk merupakan istri Bupati Banyuwangi dua periode Abdullah Azwar Anas. Sedangkan Yusuf Widiatmoko – Muhammad Riza Azizy diusung PKB, Demokrat, Golkar dan PKS. Yusuf merupakan Wakil Bupati Banyuwangi dua periode. (wir)