Pasar Tradisional Motor Penggerak Ekonomi Rakyat

18

Malang, (bisnissurabaya.com) – Pasar menjadi salah satu motor penggerak ekonomi rakyat serta mampu melibatkan masyarakat banyak dalam rutinitasnya. Pasar tradisional juga memiliki sederet kelemahan terkait tata kelolanya, sehingga diperlukan peran aktif pemerintah ikut serta terlibat membangun, menggerakkan, dan mengawal keberadaannya.

Pasar rakyat tradisional Mulyoarjo didirikan Rokhim selaku Kepala Desa Mulyoarjo sebagai salah satu upaya menampung produk-produk UMKM di desanya yang selama ini dipasok ke berbagai gerai serta pasar induk di wilayah Kabupaten Malang yang selama masa pandemi covid-19 sepi pengunjung. Melihat situasi pasar induk yang sepi pengunjung Rokhim, berinisiatif membuka pasar rakyat di desanya agar UMKM tetap produktif,

“Pasar Rakyat Mulyoarjo akan menjadi babak baru bagi masyarakat kami agar tetap bisa berekonomi di tengah pandemi covid-19, para pedagang yang juga produsen akan menjual barang dagangannya dibawah harga yang dijual di Pasar Induk. Para petani sayur juga akan kami arahkan untuk menjual hasil panennya di sini,” kata Rokhim, disela-sela kunjungan Bupati Malang Selasa (22/9). Selain itu, tujuan dibukanya pasar ini juga untuk mensejahterakan masyarakat sekitar Desa Mulyoarjo.

Karena itu, Bupati Malang HM Sanusi., M.M, didampingi OPD PemKab Malang serta Muspika Lawang meresmikan Pasar Rakyat Mulyoarjo, sekaligus mendukung segala upaya untuk tetap menghidupkan perekonomian masyarakat.

 “Saat pasar telah beroperasi para pedagang dan pengunjung tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan demi mencegah munculnya klaster pasar. Untuk itu pihak desa diharapkan benar-benar memantau keseharian pelaksanaan protokol kesehatan di pasar. Mudah – mudahan kedepannya akan menjadi suatu embrio pasar desa yang akan membawa kebaikan kepada masyarakat,” tutur Bupati Sanusi.

Ia berharap, setiap desa mempunyai ciri khas sendiri one village, one destination, one vantage, one product. Jadi harus ada unggulan dari desa ini atau suatu inovasi yang akan merubah gairah masyarakat untuk berusaha. ‘’Semoga ini juga menjadi salah satu yang menopang pertumbuhan ekonomi didesa mulyoarjo ini” pungkasnya. (yuli/giar)