Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Menjelang penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali dan Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto, meninjau langsung progres renovasi Stadion Gelora Bung Tomo/GBT. Menpora menyebut surabaya adalah daerah yang paling siap. Dan akan mengusulkan ke FIFA untuk menjadi tempat pembukaan.

Sebelum rombongan tiba di lokasi, Wali Kota Tri Rismaharini, sengaja datang lebih awal untuk mempersiapkan berbagai hal. Salah satunya menyiram beberapa tanaman dan halaman lobi agar terasa lebih sejuk. Bahkan, ia juga menyempatkan meninjau ke dalam stadion dan memberikan arahan untuk segera dikebut pengerjaannya.

Tepat pukul 10.00 WIB, rombongan tiba di Stadion GBT. Tanpa menunggu lama, Wali Kota Risma, langsung mengajak berkeliling di seluruh area. Mulai dari stadion utama, ruang ganti pemain, ruang media, ruang official, ruang medis, tempat parkir hingga akses pembangunan jalan baru yang terhubung jalan tol.

Dalam kesempatan itu, Menpora Zainudin Amali, mengatakan, begitu melihat perkembangan renovasi GBT, ia berdiskusi dengan Wakil Ketua PSSI Iwan Budianto, bahwa daerah yang paling siap adalah Surabaya. Sembari melihat perkembangan ke depan, menpora akan mengusulkan kepada Federation Of International Football Association/FIFA, agar Surabaya menjadi salah salah satu calon lokasi acara pembukaan. Ia juga menegaskan bahwa sampai dengan hari ini, belum dipastikan dimana opening ceremony itu akan berlangsung.

Sementara itu, Wali Kota Risma, menjelaskan, jika nantinya Surabaya menjadi tempat pembukaan acara, ia juga sudah mempersiapkan komplit mulai dari welcome dinner hingga atraksi kesenian yang akan dipertontonkan. Pasalnya, saat bidding beberapa waktu lalu hal tersebut juga sudah dipaparkan oleh Wali Kota Risma.

Ia menegaskan dari kunjungan menpora tidak ada masukan atau usulan yang artinya sudah terkendali. Hanya saja, ia mengaku akan terus mengebut hingga tahap finishing usai. (stady/stv)