Sumenep, (bisnissurabaya.com) – Tembakau rajangan di Kabupaten Sumenep, Madura, mulai diserap pabrikan. Menurut data di Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) Kabupaten Sumenep saat ini sudah ada tiga gudang perwakilan perusahaan rokok di kabupaten setempat, sudah melakukan pembelian tembakau rajangan.

Ketiga gudang itu, yakni milik PT Gelora Djaja Surabaya, UD Denny Harsono AS Pamekasan dan PT Giri Dipta Sentosa di Kecamatan Guluk-guluk.

“Pabrik yang sudah membuka gudang dan melakukan pembelian tembakau rajangan itu, sudah berkirim surat kepada Pemerintah Kabupaten,” kata Kepala Dispertahortbun Kabupaten Sumenep, Arif Firmanto, Jumat (18/09)

Ia meminta, kepada petani tembakau agar tetap menjaga kualitas. “Kualitas itu yang utama, supaya tembakau Sumenep memiliki ciri khas tersendiri,” tuturnya.

Sementara, untuk harga pembelian tembakau rajangan oleh pihak gudang, ia enggan menyebutkan secara rinci. Arif, berharap produksi tembakau di Sumenep pada musim panen 2020 ini, bisa terserap secara keseluruhan pabrikan. (bw)