Malang, (bisnissurabaya.com) – Dalam upaya menggempur rokok ilegal di wilayah Malang dan sekitarnya, Bea Cukai Malang gencar melakukan operasi di berbagai daerah. Operasi dilaksanakan di Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang Selasa (15/9) lalu.

Kepala kantor Bea Cukai Malang, Latief Helmi, menjelaskan, dalam operasi ini didapatkan kurang lebih 29.224 batang rokol ilegal. Petugas menemukan barang kena cukai hasil tembakau jenis sigaret kretek mesin/SKM yang belum dilunasi cukainya tanpa dilindungi dengan dokumen cukai. Operasi ini adalah salah satu program operasi patuh cukai yang dilaksanakan mulai 10 – 30 September untuk menggempur rokok Ilegal.

Operasi ini berawal karena Bea Cukai Malang mendapat informasi dari masyarakat tentang adanya toko yang menjual rokok ilegal di Desa Gadungsari, Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang. Petugas segera bergerak menuju lokasi dan didapati ribuan batang rokok ilegal. Diperkirakan kerugian negara yang ditimbulkan sebesar Rp 13.296.920.

Kasus ini masih dalam penelitian, Bea Cukai Malang tidak akan pernah lelah dan selalu semangat dalam memerangi peredaran rokok ilegal. Karena itu, peran serta masyarakat, sangat penting untuk memberikan informasi tentang atau oknum yang memproduksi rokok ilegal di wilayah Malang ini agar dapat meminimalisir peredaran rokok ilegal yang dapat merugikan pemerintah.

‘’Kami sangat berterima kasih yang sebesar – besarnya kepada seluruh lapisan masyarakat yang sudah dan mau bekerjasama dengan Bea Cukai Malang untuk memberantas peredaran rokok ilegal khususnya di daerah Malang ini,” tegasnya. (yuli)