Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Pasangan bakal calon bupati/bacabup Ir Bambang Haryo Soekartono dan bacawabup, HM Taufiqulbar, menaruh perhatian keberadaan kampoeng batik tulis tradisional Jetis Sidoarjo. Cak Taufiq, saat berdialog dengan pemilik toko batik jetis mendorong agar batik tulis ini bisa semakin go internasional. Karena itu, bacawabup, Taufiqulbar, memberikan masukan, agar corak batik tulis jetis, bisa diberikan sentuhan guratan bandeng dan udang sebagai identitas khas Sidoarjo.

“Jika sentuhan corak bandeng udang ini bisa dijadikan dalam ciri khas batik jetis, saya yakin akan semakin dikenal. Tidak harus berupa gambar ikan secara jelas, tapi bisa dijadikan sebagai corak sentuhan,” kata Taufiqulbar, saat berkunjung dan berbelanja baju batik di salah satu pusat penjualan kain batik jetis Sidoarjo, Jum’at (11/9).

Menurut Taufiqulbar, selain bisa memberikan identitas khas Sidoarjo dengan corak udang bandeng ini, juga bisa dijadikan sosialisasi akan besarnya manfaatnya dari ikan bandeng bagi kesehatan.

“Jadi sekali mendayung, dua pulau terlampaui. Disamping sosialisasi batik jetis, juga sosialisasi manfaat dari bandeng Sidoarjo,” pesan Taufiqulbar.

Cabup Taufiqulbar, mengaku, menyiapkan program pengembang UMKM Sidoarjo termasuk batik tulis jetis ini, dalam RPJMD nya.

“UMKM harus mendapat prioritas pendanaan, pelatihan, pengembangan serta pemasaran. Itu target kita ke depan,” kata Taufiqulbar.

Batik tulis jetis sendiri, merupakan satu diantara ribuan batik tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia, yang hingga kini masih terpelihara sebagai satu kekayaan pusaka sekaligus adiluhung budaya bangsa.

Terletak di Desa Lemah Putro dan termasuk kawasan Kecamatan Sidoarjo, kampoeng Jetis merupakan tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Kampung ini sudah ada sejak tahun 1675, tapi mulai dikenal tahun 1950-an.
Di kampung Jetis, kita bisa berbelanja kain batik berbagai motif dan warna.
Disini pula, kita bisa belajar cara membatik yang langsung dibimbing dan diawasi oleh perajinnya. (rin)