Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Sedikitnya ada dua orang bakal calon kepala daerah/Bacakada di Jawa Timur/Jatim positif covid-19. Dua bacakada ini positif, setelah menjalani uji SWAB sebelum tes pemeriksaan kesehatan yang dimulai hari ini. Meski positif covid-19, tetap tidak menggugurkan status pencalonannya.

Seluruh kontestan Pilkada di Jatim wajib menjalani uji tes SWAB yang digelar mulai 7 – 9 September. Hasilnya, diketahui ada dua orang bacakada yang positif covid-19. Komisioner KPU Jatim, Insan Qoriawan, membenarkan telah menerima laporan ada dua orang bakal calon kepala daerah yang positif covid-19.

Namun, kata dia, pihak KPU Jatim tidak bersedia menyebut nama bacakada yang positif covid-19. ‘’Dua orang bacakada ini salah satunya diketahui positif pada 6 september lalu. Sedangkan satu orang lainnya diketahui positif covid-19 Selasa siang kemarin,’’ kata Insan Qoriawan, kepada bisnissurabaya.com di Surabaya Rabu (9/9) pagi.

Meski positif covid 19, kata dia, KPU Jatim tidak akan mengugurkan status pencalonan paslon.
Selanjutnya, dua orang bacakada yang positif ini akan menjalani perawatan dan isolasi. Status positif covid-19 ini tidak mempengaruhi tahapan pelaksanaan pilkada pasangan lainnya. Hanya, pasangan bacakada yang positif tertunda tahapan pelaksanaan pilkadanya, hingga dinyatakan sembuh. (stady/stv)