Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Bakal cabup (bacabup) Banyuwangi Yusuf Widiatmoko berjanji hanya akan menjabat satu periode ketika terpilih menjadi Bupati. Janji ini diungkapan usai mendaftar di KPUD Banyuwangi, Minggu (6/9) malam. Selain satu periode, bacabup yang diusung PKB, Demokrat, Golkar dan PKS ini berjanji tidak akan memberikan jabatan Bupati ke keluarganya.

Yusuf daftar ke KPUD diiringi pasangannya Gus Riza. Rombongan calon incumbent ini berjalan kaki menuju KPUD. Empat parpol pendukung kompak mengerahkan perwakilan massa. Meski begitu, tetap menggunakan protokol kesehatan Covid. Bermasker, wajib cuci tangan. Setelah hampir 4 jam mengikuti tahapan pendaftaran, berkas pasangan bacabup dan bacawabup ini dinyatakan sah. Selanjutnya, akan mengikuti tes kesehatan di RS Syaiful Anwar, Malang. “Berkas pendaftaran sudah dinyatakan sah oleh KPUD. Selanjutnya, jika nanti saya terpilih menjadi Bupati, hanya akan menjabat satu periode. Dan, tidak akan saya lanjutkan ke keluarga, baik anak dan istri,” kata Yusuf usai mendaftar.

Kenapa satu periode ? Sayangnya, Wabup Banyuwangi ini tak menjelaskan alasannya. Dia hanya memastikan akan meratakan kemakmuran. “Jadi, kemakmuran jangan hanya milik sekelompok orang. Tapi, harus merata ke seluruh masyarakat,” pungkasnya.
Pilkada Banyuwangi diikuti dua pasangan bacabup dan bacawabup. Masing-masing, Ipuk Fiestiandani – Sugirah didukung PDIP, NasDem, Gerindra, PPP dan Hanura. Ipuk berstatus istri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Pasangan ini mendaftar ke KPUD, Minggu pagi. Satu lagi, pasangan Yusuf Widiatmoko-Gus Riza. Pasangan ini mendaftar ke KPUD, Minggu sore. (wir)