Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Gerbong dukungan kebakal bacabup Ipuk Fiestiandani, bertambah gemuk. Terbaru, enam Parpol non parlemen memberikan dukungan ke istri Bupati Abdullah Azwar Anas ini, Sabtu (5/9) siang. Keenamnya, Partai Berkarya, Garuda, PKPI, Perindo, PSI dan Partai Amanat Nasional (PAN). Dukungan ditunjukkan dengan menyerahkan SK dukungan dari DPP masing-masing. “Kami sepakat memberikan dukungan ke Bacabup Ipuk Fiestiandani bukan tanpa sebab. Proses internal partai sudah kami lalui,” kata Khoirul Falah, Ketua DPC Partai Perindo Banyuwangi.

Menurutnya, parpol non parlemen tetap mengedepankan izin DPP dan DPW sebelum mengeluarkan rekomendasi. Sehingga, dukungan yang diberikan ini dipastikan legal.
Ketua DPC PAN Banyuwangi Sugiarto mengatakan pihaknya dua periode bergabung kepemipinan Bupati Anas. Karena itu, ketika pilkada, pihaknya kembali mendukung gerbong Bupati Anas. “Karena bukan partai parlemen, kami sifatnya mendukung, bukan mengusung,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKPI Banyuwangi Iqbal Baraas mengatakan gerbong bacabup Ipuk akan terus meroket. Karena itu, pihaknya secara penuh menggerakkan mesin parpol untuk memenangkan Ipuk dalam pilbup, 9 Desember mendatang. Bacabup Ipuk Fiestiandani memberikan apresiasi dukungan dari enam Parpol non parlemen ini.

Dia berharap dukungan ini akan terus solid untuk membangun Banyuwangi lebih baik. “Kami berharap dukungan ini akan menambah kerukunan di Banyuwangi. Semua bisa tetap solid,” ujarnya.
Pilkada Banyuwangi diikuti dua bakal calon. Pasangan Ipuk – Sugirah diusung PDIP, Nasdem, PPP dan Hanura. Sedangkan pasangan Yusuf – Gus Riza diusung PKB, Golkar, Demokrat dan PKS. (wir)