Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Adanya pandemi covid-19 yang berdampak pada aktifitas perkuliahan secara offline, tak surutkan generasi muda untuk meraih pendidikan tinggi. Bahkan berbagai kampus di Surabaya banyak didatangi oleh lulusan SMA – SMK yang mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru.

Hal ini, seperti yang terlihat di salah satu kampus swasta di kawasan Surabaya Timur. Di kampus tersebut masih banyak didatangi ratusan alumni maupun lulusan SMA – SMK dari berbagai daerah Surabaya dan luar Surabaya/ yang mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru. Meskipun pandemi wabah virus corona ini berdampak pada perekonomian warga dan membelenggu ruang gerak orang banyak.

Namun, anak muda tetap semangat meraih cita-cita dengan melanjutkan pendidikan tinggi di berbagai kampus yang diminatinya. Ajeng, salah satu calon mahasiswa merasa sedih, karena dirinya akan kuliah dalam situasi tidak normal dan akan kuliah dengan sistem online. Padahal, dia menginginkan kuliah langsung sejak setahun lalu.

Apalagi ia sempat menunda daftar kuliah setahun lalu untuk mengumpulkan uang demi dapat daftar kuliah. Karena itu, di masa pandemi ini dirinya berharap dapat mengikuti kuliah dengan lancar. Hal senada juga diutarakan oleh Silvi, calon mahasiswa baru. Dirinya, merasa terganggu dengan adanya pandemi ini.

Sehingga, tidak dapat leluasa mendaftarkan diri dalam kuliah, seperti, dalam keadaan normal dulu. Apalagi daftar kuliah di masa pandemi ini, mengharuskan menyertakan surat keterangan sehat bebas covid-19, yang cukup mahal baginya.
Dengan masih banyaknya semangat dan antusiasme generasi muda dalam melanjutkan pendidikan tinggi, diharapkan kedepannya dapat melahirkan pemimpin masa depan yang berkualitas bagi negeri ini. (agung/stv)