Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Dimulainya tahapan pendaftaran pasangan Bacabup/bacawabup di KPU, menumbuhkan harapan munculnya pemimpin baru yang bisa merubah Kabupaten Sidoarjo lebih baik. Untuk menjaga marwah agar pencarian figur pemimpin bersih untuk Sidoarjo itu berjalan baik, Kasmuin, aktifis pemuda sekaligus pendiri LSM Cepad (Center For Participatory Development) Kabupaten Sidoarjo, berharap tokoh masyarakat di kota ini turut serta mengawasi jalannya Pilkada Sidoarjo 2020 bebas money politic dan bebas kampanye hitam. “Kita ingin Sidoarjo memiliki pemimpin yang benar-benar peduli dan mampu merubah wajah Sidoarjo menjadi lebih baik lagi.

Kita ajak masyarakat Sidoarjo untuk turut mengawasi pelaksanaan Pilkada agar berjalan fear tanpa money politic,” kata Kasmuin, di Sidoarjo Jum’at (4/9). Salah satu tokoh masyarakat yang dirasa bisa dijadikan andalan, untuk turut manjaga Pilkada berjalan bersih itu lanjut Kasmuin, adalah Rahmat Muhajirin, anggota DPR RI yang merupakan warga Sidoarjo. Menurut Kasmuin, dengan posisi sebagai anggota DPR RI Komisi III (hukum) yang dijabat Rahmat Muhajirin, maka pengawasan pelaksanaan Pilkada Sidoarjo bisa semakin mudah.

Selain karena akses ke penegak hukum terjalin kuat, ketokohan dan kepedulian Rahmat Muhajirin, terhadap perkembangan Sidoarjo juga cukup tinggi. “Dengan advokasi dan dukungan Rahmat Muhajirin, kita sebagai aktifis dan LSM, akan semakin semangat mengawasi pelaksanaan Pilkada Sidoarjo ini agar berjalan bersih,” katanya. Disamping berharap dukungan dari Rahmat Muhajirin, Kasmuin, berharap tokoh masyarakat yang lain, juga turut memberikan dukungan serupa.
Jika dukungan itu benar-benar diwujudkan dalam
perjalanan Pilkada 2020 ini, Kasmuin, yakin Sidoarjo akan menelurkan pemimpin yang peduli pada Pemilukada Sidoarjo yang digelar 9 Desember mendatang. (rin)