Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Polda Jatim bersama Polres Pelabuhan Tanjung Perak dan Bea Cukai Kanwil Jatim menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu. Barang haram seberat 6,5 kilogram itu dibungkus dalam kemasan susu. Barang asal Malaysia ini, dikirim dari negara itu melalui jasa ekspedisi laut untuk dikirimkan ke Sampang Madura.

Penegasan itu dikemukakan Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, di Surabaya Selasa (1/9) kemarin. Ia menyatakan, dua kurir yang sekaligus pemakai narkoba ini, berhasil dibekuk petugas. Sementara itu, polisi masih mengejar penerima barang. Inilah barang haram seberat 6,5 kilogram jenis sabu-sabu, yang berhasil digagalkan polisi bersama petugas Bea Cukai Kanwil Jatim.

Sabu-sabu asal Malaysia yang dibungkus dalam kemasan susu ini, diselundupkan melalui ekspedisi laut untuk dikirim ke Sampang Madura. Modusnya, barang dikirimkan ke alamat rumah kosong di kawasan Sampang Madura. Kemudian barang diterima oleh dua kurir, sebelum akhirnya petugas berhasil menangkap keduanya.

Saat petugas tengah mengejar penerima barang dari pengembangan keterangan dua tersangka kurir ini, polisi juga tengah mendalami keterkaitan jaringan narkoba sebelumnya. Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, kedua tersangka dijerat pasal 114 subsider 113, lebih subsider pasal 112 undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman mati. (feri/stv)