Surabaya. (bisnissurabaya.com) – seorang ibu rumah tangga menciptakan nasi goreng karantina. Makanan berbahan rempah-rempah ini dinilai mampu meningkatkan imun tubuh di tengah wabah covid-19. Sehingga, aman dikonsumsi, bagi siapapun, karena tidak mengandung bahan pengawet dan anti virus.

Bertempat di dapur rumahnya, Puji Astutik, yang merupakan ibu rumah tangga menciptakan kreasi makanan nasi goreng karantina. Ide pembuatan makanan tersebut bermula dari kondisi awal pandemi covid-19 yang harus di lockdown atau di rumah saja. Sehingga muncullah keinginan untuk membuat masakan ini.

Ibu dua anak yang semula berprofesi sebagai perias pengantin ini tak mau menyia-menyiakan kesempatan karena usahanya saat itu banyak yang harus di cancel seiring adanya aturan dari pemerintah yang melarang untuk melakukan hajatan. Sehingga banting setir melakukan usaha jualan nasgor dan mi yang tak asing di lidah warga.

Bahan-bahan yang digunakan untuk nasi goreng karantina diantaranya, rempah-rempah yang sudah dihaluskan, garam, gula, kecap, bawang goreng, cabai dan dadar telur sebagai pembungkusnya layaknya di karantina.

Caranya, mula-mula masak telur ayam yang sudah diberikan bumbu pelengkap dalam telfon berbentuk lingkaran. Setelah beberapa menit dan matang, diangkat dan ditaruh di atas tutup toples yang ukurannya lebih besar. Kemudian nasgor dengan campuran pentol, sosis, udang yang sudah matang dibungkus dadar telur tersebut. Sehingga, menjadi nasgor karantina dilengkapi daun selada, timun dan potongan cabai agar kelihatan cantik dan nikmat.

Dengan dibantu saudara dan dua anaknya, setiap hari puji astutik, mampu membuat ratusan porsi nasi goreng karantina yang telah dipesan penikmatnya secara online. Makanan ini dinilai mampu meningkatkan imun tubuh di tengah wabah covid-19 dan aman dikonsumsi bagi siapapun. (agung/stv)