Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Polisi membekuk 3 tersangka kurir narkoba jaringan internasional dengan barang bukti 8,4 kg sabu yang dikemas dalam kemasan teh herbal. Dua tersangka berhasil diamankan di rumah masing-masing. Yakni di kawasan Pasuruan dan tersangka lainnya berhasil diamankan di Surabaya.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, mengatakan, ada 8,4 kg narkoba jenis sabu dalam kemasan teh herbal ini berhasil diamankan polisi dari tangan tiga tersangka. Dua tersangka yakni L dan N berhasil dibekuk di kawasan Pasuruan dengan barang bukti 3 kg sabu. Satu tersangka lainnya, diamankan di Surabaya yang merupakan jaringan Jakarta dengan sabu asal Malaysia dengan barang bukti 5,4  kilogram sabu.

Untuk melancarkan aksinya, menurut dia, narkoba jenis sabu ini dikemas dengan kemasan teh herbal untuk mengelabuhi petugas. Barang haram ini rencananya akan didistribusikan ke kawasan Jatim,  khususnya di Surabaya.

Ia mengatakan, Surabaya dan Madura merupakan pintu masuk narkoba jaringan internasional. Sementara itu, narkoba jaringan internasional masuk melalui jalur udara dan laut sebelum akhirnya dijemput para kurir ini untuk kemudian didistribusikan ke daerah dengan sasarannya yang berada di Jatim.

Polisi masih mendalami jaringan narkoba ini. Tim Reskoba Polda Jatim juga tengah mengejar pengendali distribusi narkoba dengan modus menggunakan kemasan teh herbal. Baik yang berada di Jakarta ataupun yang di Malaysia. (feri/stv)