Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Sekitar 30 mantan kombatan Negara Islam Indonesia/NII melakukan deklarasi setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia/NKRI, Pancasila dan UUD 1945. Deklarasi tersebut dilakukan para mantan kombatan itu bertepatan pada Hari Peringatan Kemerdekaan RI ke-75. Lokasi deklarasi di Taman Bungkul Surabaya.

Koordinator Mantan Kombatan NII Wilayah Jawa Timur/Jatim, Syarwani, mengatakan, deklarasi ini dihadiri mantan kombatan dari daerah Malang, Sidoarjo, Mojokerto dan Surabaya. “Para mantan kombatan ini dulu berjuang untuk mewujudkan NII Kini mereka sudah sadar dan siap membela NKRI terhadap ancaman intoleransi, radikalisme dan terorisme serta paham khilafah,” kata Syarwani, yang juga sebagai Ketua Pusat Rahabilitasi Korban Gerakan NII Jatim ini.

Ia mengatakan, banyak aktivis NII di Jatim, jumlahnya sekitar 7.500 sampai 10.000 orang. Kini yang sudah sadar dan mengakui NKRI baru sekitar ratusan orang dan tersebar di berbagai daerah di Jatim. Sementara, lainnya masih melebur pada gerakan-gerakan radikal serta ormas terlarang.

“Ini tanggung jawab pemerintah untuk menyadarkan mereka. Bila dibiarkan akan menjadi masalah bila mereka terus menyebarkan paham-paham tersebut,” tambah Syarwani.

Selain dilakukan di Taman Bungkul Surabaya, deklarasi setia kepada NKRI juga dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia. Yakni di Semarang, Bandung dan Lampung. (herlambang)