Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Bank Indonesia/BI meluncurkan uang baru pecahan khusus Rp 75.000, sebagai peringatan kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun. Uang ini, memiliki desain istimewa karena memiliki detail-detail khusus. Untuk mata uang baru ini sudah mulai bisa ditukar masyarakat, namun, satu orang hanya bisa memiliki satu lembar mata uang pecahan Rp 75.000 ini. Untuk itu, masyarakat tidak perlu repot dan antri menukarkan uangnya, cukup dengan menggunakan aplikasi Pintar.

Untuk memperingati Dirgahayu RI ke-75 tahun BI meluncurkan uang baru pecahan khusus Rp 75.000 serentak di seluruh Indonesia. Peluncuran dilakukan secara virtual di Grahadi Surabaya. Uang pecahan ini didesain istimewa, karena memiliki detail-detail khusus.

Divi Achmad Johansyah, Kepala BI Perwakilan Jawa Timur, mengatakan, uang ini istimewa karena selama ini bank indonesia belum pernah mengeluarkan pecahan uang dengan awalan tujuh. karena, selama ini uang yang beredar hanya pecahan satu, dua dan lima.

Dalam pecahan khusus tersebut, terdapat beberapa macam gambar. Yakni, Proklamator Bung Karno-Hatta, pengibaran bendera, MRT hingga tol yang memiliki makna mensyukuri kemerdekaan. Sedangkan gambar Anak-anak Indonesia, Peta Indonesia emas dan satelit mempunyai makna menyongsong masa depan gemilang. Serta gambar motif Songket Sumatera Selatan, Batik Kawung Jawa dan Tenun Gringsing Bali yang menggambarkan memperteguh kebhinekaan.

Masyarakat sudah dapat menukarkan uang pecahan baru ini dengan cara mendownload aplikasi “Pintar“ dan melakukan pendaftaran dengan menggunakan Nomer Induk Kependudukan atau NIK pada KTP. Setelah mendaftar, akan diberi jadwal penukaran untuk pengambilan uang. Aturannya, satu NIK hanya boleh menukar satu lembar uang. (feri/stv)