Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Jajaran Polresta Banyuwangi bersama TNI dan Satpol PP gencar mengingatkan warga mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Salah satunya, mengimbau warga selalu menggunakan masker. Seperti yang dilakukan Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifudin, Selasa (18/8) siang. Orang nomor satu di Polresta Banyuwangi ini ikut turun langsung mengingatkan warga di Terminasl Brawijaya.

Seruan bermasker ini merupakan tindak lanjut Inpres No.6/2020 tentang Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan, Wajib Masker dan Sanksi bagi masyarakat dan Perda No.39/2020 tentang Pedoman New Normal. Bagi warga yang kedapatan tak bermasker diberikan sanksi mendidik. Salah satunya, menghafal Pancasila. Setelah itu, diberikan masker gratis. “Ini bagian dari sinergi Polri bersama TNI dan Satpol PP untuk mengimbau warga agar selalu bermasker. Sehingga, penularan pandemi Covid 19 bisa kita tekan bersama,” kata Kapolresta.

Perwira tiga melati di pundak ini menambahkan pihaknya bersama TNI dan Satpol PP akan terus menggelar sosialisasi bersama. Targetnya, tempat-tempat keramaian. Sehingga, warga Banyuwangi akan terbiasa menggunakan masker. Masker, kata dia diwajibkan sebagai kebutuhan pokok bagi masyarakat untuk menekan penyebaran Covid. “Dengan masker, penularan Covid bisa ditekan dengan baik. Karena itu, kami bersama TNI dan Satpol PP tidak akan pernah lelah mengingatkan warga serta penegakan disiplin,” tegasnya. Pihaknya juga menyiapkan masker gratis jika mendapati warga yang tidak menggunakan masker di tempat umum. Pihaknya berharap, masyarakat bisa ikut bergotong royong menekan penularan Covid-19 dengan selalu menggunakan masker. Dan, menjaga protokol kesehatan Covid dengan baik. Seperti, selalu cuci tangan dan menjaga jarak.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Banyuwangi Mujiono mengatakan Perda No.39/2020 mengatur pedoman protokol kesehatan era new normal. Karena itu, pihaknya bersama TNI/Polri terus melakukan sosialisasi. “Inti dari Perda ini adalah protokol kesehatan era new normal. Warga wajib bermasker, selalu cuci tangan dan menjaga jarak,” katanya.

Bagi warga yang melanggar, lanjut Mujiono akan diberikan sanksi. Mulai teguran, tertulis, sanksi sosial hingga penutupan usaha bagi pemilik usaha. Pihaknya mengajajak masyarakat bisa menjaga kesehatan dari Covid dimulai dari diri sendiri. Harapannya, penularan Covid bisa ditekan dengan baik. (wir)