Surabaya, (bisnissurabaya.com) –   Bertepatan Hari Ulang Tahun ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, meresmikan Plaza Atas Alun-alun Surabaya yang berada di Kompleks Balai Pemuda Jalan Gubernur Suryo. kompleks Alun-alun Surabaya tersebut, difungsikan sebagai wadah kegiatan para penggiat seni dan budaya di Kota Pahlawan.

Wali Kota Risma, mengatakan, sebetulnya bangunan Alun-alun Surabaya baik plaza atas maupun bawah, ditargetkan selesai pada november mendatang. Namun, karena ia ingin agar ini segera bermanfaat, maka bertepatan peringatan hari kemerdekaan ini bangunan plaza atas diresmikan. Untuk konsep bangunan Alun-alun Surabaya ini, tak hanya berfungsi untuk wadah pertunjukkan kesenian. Namun, anak-anak Surabaya yang ingin mengembangkan bakat dan minat di bidang kesenian dapat memanfaatkan bangunan tersebut. Apalagi, kompleks balai pemuda ini juga dilengkapi dengan Gedung Balai Budaya, perpustakaan, rumah bahasa dan matematika. Selain itu, dua buah kolam air mancur kabut, juga menambah keindahan Alun-alun ini.

Risma, mengajak, para undangan, untuk melihat plaza bawah tanah yang kini masih dalam tahap penyelesaian. Plaza bawah tanah tersebut, rencananya akan dimanfaatkan sebagai tempat seni dan aktifitas para anak muda. Pemkot Surabaya menyiapkan dana sebesar Rp 80 miliar, demi mewujudkan pembangunan alun-alun di atas dan bawah tanah. Anggaran sebesar itu diambil dari APBD dan bersifat multiyears.

Disela peresmian itu, Wali Kota Risma, kemudian mengajak maestro seniman asal Surabaya berada di atas panggung. Mereka adalah, Cak Kartolo, Ning Kastini, Cak Lupus Arboyo dan cak suro. Alhasil, para maestro seniman inipun berhasil membuat Wali Kota Risma, bersama para tamu undangan, tertawa dengan aksi parikan-parikan lucu khas ala Surabaya. (stadystv)