Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Ahli waris rumah kelahiran Soekarno, di Jalan Peneleh Gang Pandean IV nomor 40 Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng Surabaya, akhirnya diserahkan kepada Pemerintah Kota/Pemkot Surabaya, bertepatan dengan hari ulang tahun ke-75 kemerdekaan republik indonesia. Poses penyerahan dilakukan langsung oleh ahli waris, kepada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, di depan rumah bersejarah itu.

Seusai diserahkan, Wali Kota Risma, sempat meninjau langsung kondisi di dalam rumah itu. Bahkan, ia juga menyempatkan diri membaca salah satu tulisan di rumah tersebut. Setelah itu, Risma, meninjau beberapa tempat bersejarah yang ada di kawasan peneleh. Seperti, Langgar Dukur Kayu di Kampung Lawang Seketeng, Makam Mbah Pitono dan beberapa benda bersejarah lainnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Risma, menyampaikan terimakasih kepada ahli waris rumah kelahiran Bung Karno, yang telah sudi dan berkenan merelakan rumahnya diserahkan kepada pemkot surabaya. Menurut dia, rumah ini adalah kebanggaan bersama dan symbol bersama.

Presiden UCLG Aspac ini mengatakan, niat baik para ahli waris ini tentu akan bermanfaat bagi bangsa dan negara indonesia. Sebab, nanti anak-anak Surabaya dan anak luar surabaya bisa belajar sejarah di rumah ini. Termasuk bagaimana perjuangan Bung Karno dengan segala keterbatasannya. Tetapi, mampu membuat Indonesia sejajar dengan negara lain di dunia. Wali Kota perempuan pertama di kota Surabaya ini menjelaskan, nantinya rumah itu akan dijadikan museum. Makanya sejak beberapa waktu lalu pemkot surabaya sudah memperbaiki beberapa infrastruktur di kawasan tersebut, termasuk pedestriannya. Bahkan, beberapa benda sejarah lainnya sudah diperbaiki, karena kawasan itu nantinya akan dijadikan kawasan wisata yang luar biasa. (stady/stv)