Surabaya ( bisnissurabaya.com) ” Hubbul Wathon Minal Iman, Cinta Tanah Air Sebagian Dari Iman” Kalimat ini memiliki arti tersendiri bagi Siti Rafika Hardhiansari, S.Si. Hatinya selalu bergetar apabila membaca atau mendengar kumpulan kata tersebut.

Sejak kecil, perempuan cantik berhijab yang akrab disapa Mbak Fika ini, sering mendengar dari orang tuanya tentang cerita kepahlawanan. Utamanya, pertempuran di Surabaya yang melibatkan berbagai kalangan dari banyak latar belakang. Mulai dari ulama, hingga rakyat biasa.

“Kemerdekaan Indonesia merupakan hasil perjuangan banyak pihak,” kata Rafika, kepada bisnissurabaya.com, di Surabaya Minggu (16/8).

Kini, setelah 75 tahun Indonesia merdeka, Pentolan Bonita Surabaya ini masih melihat berbagai upaya yang dilakukan oleh kelompok tertentu untuk mengganti Pancasila dengan ideologi yang bertentangan dengan dasar negara yang sudah disepakati oleh para pendiri bangsa.

Karena itu, Arek Suroboyo asli Tembok Dukuh ini berusaha untuk melawan penyebaran paham separatisme, radikalisme, dan intoleransi yang berkembang di masyarakat.

“Pancasila sebagai dasar negara sudah final. Sehingga paham khilafah yang HTI tidak boleh hidup di Indonesia,” jelas aktifis Srikandi Pemuda Pancasila ini.

Berbagai kegiatan yang bertujuan meningkatkan rasa cinta tanah air dan peduli terhadap sesama telah dilakukannya bersama Bonek, Bonita dengan pihak lain. Seperti, acara rutin berbagi nasi kotak pada setiap Jum’at Berkah hingga upacara bendera.

“Hari ini Bonek melakukan upacara bendera,” tambah mantan Ketua Perempuan Amanat Nasional Jatim ini.

Mbak Fika, juga tidak pernah lelah untuk mengingatkan jasa para pahlawan pendiri bangsa kepada generasi muda. Dia kerap menggelar diskusi bersama Bonek dan masyarakat bertemakan Jangan Melupakan Sejarah/Jasmerah perjuangan para pahlawan bangsa.

Menjelang Pemilihan Walikota Surabaya di akhir tahun nanti, Alumni Unesa ini tidak henti-hentinya mengingatkan untuk memilih pemimpin yang mempunyai integritas baik.

“Semoga wali kota kedepan memiliki sifat yang diwariskan Nabi Muhammad SAW. Yaitu, Sidiq, Tabligh, Amanah, dan Fatonah,” tambah ibunda Naila ini. (nanang)